Sukabumi Update

Warga Sempat panik, Gempa Magnitudo 4,2 Guncang Selatan Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Warga yang bermukim di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi atau dikenal dengan sebutan Pajampangan, dikejutkan oleh guncangan gempa bumi berkekuatan Magniktudo 4,2.

Gempa ini terjadi Sabtu pagi, sekira pukul 05.56 WIB. Guncangannya dirasakan di sejumlah kecamatan di Pajampangan, seperti Kecamatan Ciemas dan Kecamatan Ciracap.

Baca Juga :

Melansir dari akun Twitter @DaryonoBMKG, Kabupaten Sukabumi digetarkan gempa diduga bersumber pada jalur Sesar Cipamingkis yang menerus ke Laut: Mag:4.2, 30-Oct-21 05:56:42 WIB, Lok:7.55 LS - 106.69 BT (64 km Tenggara KAB), Kedlmn: 30 Km, dirasakan di Ujung Genteng, Cipamingkis, Jampang, Cikaso dan Cidolok III MMI - BMKG.

Sementara itu Aldi, salah seorang warga Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, mengungkapkan meski guncangan akibat gempa itu tidak berlangsung lama, namun kejadian tersebut sempat menimbulkan sedikit kepanikan.

photoGempa terasa di beberapa kecamatan di Selatan Sukabumi - (Ilustrasi/Pixabay)</span

"Sempet terkejut, apalagi guncangannya sempat membuat kaca jendela rumah bergetar, saya mengira getaran itu berasal dari mobil besar yang sedang melintas," ungkap Aldi.

Bukan hanya Aldi saja, warga lainnya yang turut merasakan gempa, sempat berhamburan keluar rumah karena khawatir guncangannya akan merobohkan bangunan. 

Baca Juga :

Hal serupa juga dirasakan warga di Kecamatan Ciracap atau 35 kilometer dari Kecamatan Ciemas. Nina Herlina, salah seorang warga juga mengaku terkejut melihat beberapa perabotan rumahnya bergeser, seiring dengan getaran pada kaca jendela.

"Diperkirakan terjadi selama 3 detik, getarannya tidak terlampau besar tapi cukup mengejutkan. Sebab saat ada guncangan gempa, saya tengah bersih-bersih rumah," bebernya.

Editor : Toni Kamajaya

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI