Sukabumi Update

Menanti Huntara, Kondisi Pengungsi Pergerakan Tanah di Cigulusur Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolres Sukabumi, AKBP Dedy Darmawansyah meninjau pengungsi di lokasi bencana pergeseran tanah di Kampung Cigulusur RT 01/01 Desa Margaluyu, Kecamatan Purabaya, Jawa Barat, Minggu (6/11/2021). Dalam kesempatan ini, Bhayangkari Polres Sukabumi juga menyalurkan bantuan untuk warga yang masih tinggal di pengungsian.

16 hari sudah 8 orang dari 3 kepala keluarga berada di tenda pengungsian. Rumah mereka hancur akibat pergerakan tanah yang cukup masif sejak 21 Oktober 2021 silam.

Kapolsek Purabaya, AKP Tenda Sukendar menjelaskan bahwa Kapolres Sukabumi dan jajaran ingin memastikan kondisi para pengungsi dan warga terdampak bencana  ini. "Kapolres juga tadi meminta kami di Forkompincam dan Pemerintah Desa untuk mempercepat penentuan dan pembangunan huntara atau hunian sementara bagi warga yang rusaknya rusak berat." 

"Tadi jajaran Bhayangkari menyalurkan bantuan untuk warga terdampak bencana di pengungsian," sambungnya.

photoKetua Bhayangkari Polres Sukabumi serahkan bantuan untuk pengungsi pergerakan tanah di Cigulusur Purabaya - (istimewa)</span

Saat ini, lanjut Tenda ada 8 orang warga yang tinggal di tenda pengungsian. Rumah mereka rusak berat sehingga tidak bisa ditempati, dan memang dilarang untuk kembali ke lokasi tempat tinggal mereka karena pergerakan tanah masih terus terjadi.

"Rumah yang dikosongkan dan rusak berat itu ada 6 unit. Dan hari ini material bangunan mulai dibongkar, karena dikhawatirkan roboh dan menimbulkan korban." ujar Kapolsek Purabaya.

Baca Juga :

Sedangkan yang terancam ada 11 unit rumah terdiri dari 14 kepala keluarga 32 jiwa. Warga yang terancam ucap Tenda saat ini masih berada di rumahnya, namun ketika hujan deras turun, mereka wajib kembali ke tenda pengungsian.

"Untuk huntara kita tengah koordinasi dengan pemerintah desa setempat. Pemdes Margaluyu punya tanah desa yang akan kita cek lokasinya. Karena huntara akan lebih baik untuk menjamin keberlangsungan para pengungsi dibandingkan di tenda pengungsian ini," ungkapnya.

Dalam kunjungannya, Kapolres Sukabumi didampingi, Kapolsek Purabaya, Camat Purabaya, Danposramil Purabaya, Pemdes Margaluyu, Pol PP, P2BK Purabaya, Tagana, Pensos, TRC Purabaya, TKSK Purabaya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI