Sukabumi Update

Retak-retak Terancam Longsor, Rumah Pinggir Tebing di Cikole Sukabumi Dibongkar

SUKABUMIUPDATE.com - Rumah warga di Jalan Babakan Jampang RT 01/13 Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, terpaksa dibongkar usai retak dan terancam longsor sejak Ahad, 7 November 2021 sore. Pembongkaran sendiri dilakukan pada Selasa, 9 November 2021.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kota Sukabumi Imran Wardhani mengatakan, intensitas hujan yang tinggi dan tanah labil, mengakibatkan rumah milik Eris Ginanjar yang dihuni tiga jiwa ini mengalami retakan pada ruang tengah dan terancam longsor pada bagian belakang.

"Hari ini kami dan warga melakukan pembongkaran atau evakuasi material rumah dan memindahkan barang berharga ke rumah saudara korban," kata Imran, Selasa.

photoRetakan di rumah warga di Jalan Babakan Jampang RT 01/13 Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. - (Istimewa)

Baca Juga :

Tak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian tersebut. Namun, pemilik ditaksir rugi hingga ratusan juta rupiah. Kekinian, pemilik rumah dan keluarganya pun mengungsi ke saudaranya dan BPBD Kota Sukabumi langsung melakukan asesmen serta mengimbau warga sekitar selalu waspada.

Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kelurahan Cisarua Dadang Irawan menambahkan, rumah berukuran 15x6 meter tersebut terletak di pinggir tebing dan tidak memiliki penahan, sehingga dikhawatirkan terbawa longsor.

"Dinding dan lantainya sudah retak. Jadi kami mengambil inisiatif bersama unsur lainnya dan atas izin pemilik rumah, membongkar rumah tersebut," kata Dadang.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI