Sukabumi Update

Lupa Matikan Kompor, Perahu Nelayan Ujunggenteng Sukabumi Terbakar

SUKABUMIUPDATE.com - Perahu nelayan Kabupaten Sukabumi, terbakar saat digunakan untuk mencari ikan di laut Agrabinta, Kabupaten Cianjur. Peristiwa tersebut terjadi Jumat (12/11/2021) sekitar pukul 21.00 WIB.

Ketua Rukun Nelayan Ujunggenteng, Asep Jeka mengatakan, perahu yang terbakar berjenis fiber bernama Jaya Lestari 09 milik nelayan Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga :

Jeka menyatakan, pemicu kebakaran berasal dari api di kompor gas. Nelayan biasa membawa kompor gas untuk memasak di perahu saat mereka mencari ikan. Hanya saja setelah memasak, nelayan di perahu lupa mematikan kompor.

“Selesai memasak lalu makan, namun mereka lupa mematikan kompor gas," jelas Jeka kepada sukabumiupdate, Sabtu (13/11/2021).

photoPerahu nelayan Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi, terbakar saat digunakan untuk mencari ikan di laut Agrabinta, Kabupaten Cianjur. - (Istimewa)</span

Menurut Jeka, 4 nelayan di perahu itu selamat. Nelayan itu terdiri dari tekong atau juru mudi bernama Dodi, Anak Buah Kapal (ABK)  bernama Simis, Yano, dan Munir.

Saat kejadian, ada perahu nelayan lain tak jauh dari perahu yang terbakar. “Nelayan menyelamatkan diri dengan berenang ke perahu yang dekat,” jelasnya.

Jeka menyatakan, peristiwa itu menyebabkan kerusakan terjadi pada mesin, genset dan alat tangkap ikan. 

Dengan peristiwa ini, sudah dua kali perahu Jaya Lestari terbaka. Kejadian serupa pernah dialami perahu Jaya Lestari 03 pada 21 September 2021. Penyebabnya pun sama dari kompor.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI