Sukabumi Update

KPPN Sukabumi Kembali Raih Prestasi, Nilai IKPA BUN Terbaik se-Jawa Barat

SUKABUMIUPDATE.com - KPPN Sukabumi kembali mengukir prestasi membanggakan. Setelah sebelumnya Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sukabumi ini menjadi penyalur DAK Fisik tertinggi se-Jawa Barat, kali ini capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran atau IKPA sebagai Pembina Satuan Kerja/ BUN (Bendahara Umum Negara BUN) juga terbaik se Jabar.

Sesuai Nota Dinas Direktur Pelaksanaan Anggaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan nomor ND-991/PB.2/2021, KPPN Sukabumi meraih nilai 96,03. Nilai tersebut mengantarkan KPPN Sukabumi meraih peringkat 9 untuk KPPN tipe A1 secara nasional untuk periode triwulan III tahun 2021, atau tertinggi se-Jawa Barat. 

Hal ini disampaikan Kepala KPPN Sukabumi, Sudirman, di ruang kerjanya, Jumat (19/11/2021). "Sebagai informasi, IKPA merupakan indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku Bendahara Umum Negara untuk mengukur kualitas tingkat kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian/Lembaga dari sisi kesesuaian perencanaan, efektifitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran, dan kepatuhan atas regulasi," jelas Sudirman..

IKPA memuat 13 indikator, yang meliputi (1) penyerapan anggaran, (2) data kontrak, (3) penyelesaian tagihan, (4) konfirmasi output, (5) pengelolaan uang persediaan dan tambahan uang persediaan, (6) revisi DIPA, (7) deviasi Halaman III DIPA, (8) LPJ bendahara, (9) perencanaan kas, (10) kesalahan Surat Perintah Membayar (SPM), (11) retur Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), (12) pagu minus, dan (13) dispensasi SPM.

photoKepala KPPN Sukabumi, Sudirman - (dok KPPN Sukabumi)</span

“Capaian ini merupakan hasil kinerja dan kerja keras dari seluruh jajaran pegawai KPPN Sukabumi dan sinergi dengan para pengelola keuangan pada satuan-satuan kerja lingkup KPPN Sukabumi,” sambungnya. 

Sudirman sangat mengapresiasi upaya tak kenal lelah atas kinerja jajarannya.  Penilaian IKPA KPPN ini merupakan kategori IKPA selaku Pembina Satuan Kerja/Bendahara Umum Negara (BUN). 

Baca Juga :

Dengan demikian, peran dari para petugas KPPN, terutama para Pembina Teknis Perbendaharaan Negara (PTPN) dalam melakukan pembinaan kepada seluruh pengelola keuangan di satuan-satuan kerja sangat penting.

Sudirman juga menghimbau kepada para pejabat pengelola keuangan satuan kerja agar rajin memantau hasil penilaian IKPA melalui aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OMSPAN). Melalui aplikasi ini dapat dipantau progres nilai dari masing-masing indikator sehingga dapat segera diambil langkah strategis terhadap capaian indikator yang nilainya belum memuaskan.  

“Saya berharap capaian ini dapat memotivasi para pegawai, utamanya PTPN untuk semakin bersemangat dan memberikan dedikasi terbaiknya dalam melakukan pembinaan terhadap para pengelola keuangan di satuan-satuan kerja sehingga di triwulan IV dapat meraih predikat sebagai KPPN terbaik di tingkat nasional,” kata Sudirman.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI