Sukabumi Update

Menyelinap di Jeriken Bensin, Cerita Ular Weling Teror Warga Cisaat Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Tim Exalos Indonesia Regional Sukabumi kembali mengevakuasi ular yang masuk ke permukiman warga di Jalan Babakan Damai Nomor 16 Desa Babakan, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Evakuasi dilakukan Senin, 22 November 2021 malam.

Ketua Exalos Indonesia Regional Sukabumi Surya Setiyawan mengatakan, evakuasi tersebut dilakukan setelah ada laporan warga pada Senin sekira pukul 22.00 WIB. Ini berawal dari inisiatif Surya yang menyebar stiker identitas dirinya di sejumlah lokasi di wilayah kerjanya.

"Semalam ada warga yang menelepon minta bantuan untuk menangkap ular yang masuk ke warung ke sela-sela kompan (jeriken) yang berisi bahan bakar (bensin dan solar)," kata dia kepada awak media, Selasa, 23 November 2021.

photoSeekor ular weling yang dievakuasi di Jalan Babakan Damai Nomor 16 Desa Babakan, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin, 22 November 2021 malam. - (Istimewa)

Baca Juga :

Dirinya yang saat itu sedang di Jalan Lingkar Selatan alias tak jauh dari lokasi ditemukannya ular, bergegas menuju lokasi tersebut. "Kurang dari 10 menit saya berhasil menangkapnya," ujarnya. Ular weling sepanjang 1 meter dengan berat 0,5 kilogram, berhasil ditangkap Surya.

"Ularnya cukup berbahaya kategori berbisa. Semalam kita langsung lepaskan ke hutan yang jauh dari permukiman untuk menjaga habitat," ucap Surya. "Jika masyarakat lihat atau ada ular yang masuk ke rumah, jangan dibunuh, hubungi saja kami untuk penanganannya. Hubungi nomor wa saya 0857-1124-8079," imbuh dia.

Sebagai informasi, weling (Bungarus candidus) adalah spesies krait yang endemik di Asia Tenggara. Selain "weling", ular ini juga disebut ular belang, nama yang juga digunakan untuk kerabatnya yang lebih besar, yaitu welang (B. fasciatus).

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI