Sukabumi Update

Abrasi Sungai Cimandiri Sukabumi Ancam Rumah Warga Desa Bencoy

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Kampung Gadog RT 06/02, Desa Bencoy, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, was-was sebab rumah mereka terancam abrasi Sungai Cimandiri. 

Abrasi itu terjadi akibat meluapnya aliran Sungai Cimandiri saat hujan mengguyur. Derasnya aliran sungai saat meluap yang lantas meruntuhkan dan mengikis tanah di sisi sungai.

Baca Juga :

"Setiap hujan deras pasti air sungai Cimandiri itu meluap dan menyebabkan terkikisnya tanah yang berada di pinggiran sungai itu," ujar warga, Ujang Jaelani (31 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Selasa (22/11/2021). 

“Yang saat ini pinggiran tanah yang terkikis itu lebarnya kurang lebih 10 meter kalau panjangnya cukup panjang sekali," imbuhnya.

photoAliran Sungai Cimandiri meruntuhkan dan mengikis tanah di sisi sungai. - (Istimewa)</span

Menurut Ujang, abrasi terjadi sejak musim hujan di bulan September 2021 lalu. Ujang menyebut ada 5 rumah yang terendam luapan sungai saat hujan deras belum lama ini. "Kalau hujannya deras dan cukup lama air sungai itu naik ke atas sampai airnya merendam 5 rumah warga di sini," jelasnya.

Dengan sering meluapnya sungai, warga  khawatir abrasi itu meluas hingga ke permukiman. "Ditakutkan rumah-rumah tersebut  ditakutkan tergerus," tuturnya. 

Ujang menyatakan, sudah melaporkan kejadian ini kepada pemerintah desa namun belum ada respons. Dia pun berharap pihak terkait dapat memberikan solusi.

"Setiap ada kejadian kami langsung melaporkannya ke aparat pemerintah Desa namun saat ini belum ada tanggapannya. Mudah-mudahan segera ditangani kalau bisa tanah yang terkikis itu dibikinin Tembok Penahan Tanah (TPT) jangan sampai semakin meluas,” tukasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI