Sukabumi Update

Tebing Berguguran, Kondisi Terkini 4 Titik Longsor di Simpenan Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Bencana dampak hujan lebat yang terjadi sepanjang Sabtu kemarin, 27 November 2021 di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat cukup banyak. Di Kecamatan Simpenan ada 4 titik longsor, tebing pinggir jalan bergurun menutup akses warga di sejumlah desa dan perkampungan.

4 titik longsor terjadi di sepanjang ruas jalan Cidadap - Mekarasih, Kecamatan Simpenan, yaitu di Kampung Cikopeng, RT 05/17, Kampung Tarisi RT 03/17, dan Kampung Cibubuay, RT 04/17, Desa Cidadap, serta Kampung Cipurut RT 24/06, Desa Cibuntu,

"Tebing longsor akibat tanah yang labil dan di guyur hujan deras dengan  intensitas terus menerus mengakibatkan 4 titik tebing jalan longsor," ujar P2BK Simpenan Dandi Sulaeman, Minggu (28/11/2021). 

Dandi mengatakan rata rata tebing yang longsor memiliki lebar mencapai 5 meter dan tinggi mencapai antara 6 meter hingga 12 meter dengan material batu dan tanah sehingga saat kejadian akses jalam sulit di lewati kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

photoWarga dan aparatur bergotong royong buka jalan yang tertimbun longsor di Simpenan Sukabumi - (dok P2BK Simpenan)</span

"Kejadiannya tadi malam sekitar pukul 18.00 Wib dan pukul 20.00 Wib," jelasnya. 

Masih kata Dandi, sejak pagi masyarakat setempat dan perangkat desa bergotong royong untuk membersihkan sebagian tanah dengan alat seadanya. "Sekarang sudah bisa dilalui kendaraan roda dua, kalau roda empat hanya kendaraan kecil," terangnya. 

Baca Juga :

"Untuk korban jiwa dan luka tidak ada, saat kejadian jalanan sedang sepi, warga dihimbau untuk tetap waspada mengingat hujan masih terjadi," tandasnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI