Sukabumi Update

Cisande Sukabumi Unggulan Desa Wisata Jabar, Catatan Reses Hendar Darsono

SUKABUMIUPDATE.com - Cisande di Kecamatan Cicantayan adalah satu-satunya desa di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat yang saat ini masuk kategori 50 desa wisata terbaik di Indonesia versi ADWI dan Kemenpar Ekraf. Cisande memiliki banyak potensi dan untuk mewujudkannya sebagai yang terbaik di Indonesia, anggota DPRD Jabar Hendar Darsono beri catatan khusus.

Hendar memberi perhatian kuat pada pengembangan sektor pariwisata sesuai dengan bidang kerjanya di Komisi II DPRD Jabar. Masa reses tahun sidang I (2021-2022) titik keempat dilakukan hendar di lokasi Desa Wisata Cisande, pada Senin (6/12/2021).

Baca Juga :

Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Jabar ini coba menyerap aspirasi dari seluruh elemen pendukung keberadaan Desa Wisata Cisande.  Mulai dari kelompok sadar wisata, Camat Cicantayan, Ketua MUI Kecamatan, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan tentunya warga setempat areal desa wisata.

Dari reses ini sedikitnya ada 5 poin yang dicatat Hendar untuk diperjuangkan DPRD Jabar, untuk mendukung keberadaan desa agrowisata Cisande. Pertama, terkait infrastruktur fisik pendukung keberadaan desa wisata, mulai dari jalan lingkungan dan fasilitas lain.

photoAnggota DPRD Jabar Hendar Darsono reses titik ke 4 Sukabumi di Desa Wisata Cisande - (dok DPRD Jabar)</span

Kedua, kebutuhan infrastruktur agro seperti lahan pertanian, embung serta irigasi pendukung pertanian lainnya. Ketiga, terkait pengolahan hasil panen atau produk lokal masyarakat Cisande yang menjadi pendukung keberadaan desa wisata.

"Tadi warga bilang butuh tempat penyimpanan bahan makanan atau makanan hasil produksi lokal setempat," jelas politisi yang berasal dari daerah pemilihan Jabar V, Kota dan Kabupaten Sukabumi ini lebih jauh.

Baca Juga :

Selanjutnya keempat, pelatihan sumber daya manusia khusus warga yang tergabung dalam kelompok sadar wisata. Kelima adalah pelatihan potensi ekonomi kreatif. 

"Semua ini dibutuhkan untuk didorong oleh pemerintah agar agrowisata Cisande berkembang dengan cepat dan bisa menjadi pusat perekonomian warga," pungkasnya.

Koleksi Video Lainnya:

Cabut Kuku Korban, Polres Sukabumi: 5 Tahun Penjara untuk Pelaku Kekerasan Anak

Bangunan Ponpes Al Barokah di Cibitung Sukabumi Terbakar

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI