Sukabumi Update

Warga Mulai Gotong Royong Perbaiki Jembatan Lalay Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Jembatan Lalay di Kampung dusun Cigadog, Desa Bantarkalong, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi mulai diperbaiki secara gotong royong oleh warga. Adapun biaya perbaikan merupakan hasil penggalangan dana.

Jembatan yang melintang di atas Sungai Cimandiri kian rawan dilintasi kendaraan. Material besi yang menjadi penyangga jembatan sudah mulai berkarat, begitu juga bagian lantai kayu jembatan sudah lapuk.

Baca Juga :

Selain itu, tali sling jembatan putus akibat diterjang derasnya Sungai Cimandiri pada Selasa (9/11/2021). 

Jembatan Lalay ini begitu penting untuk masyarakat tiga desa di Kecamatan Warungkiara yaitu Desa Mekarjaya Desa Bantarkalong dan Desa Sirnajaya. Melalui jembatan ini, masyarakat dapat mengakses pusat pelayanan kesehatan, pendidikan, pasar dan lain sebagainya. Jika Jalan ini Putus, maka semua akses kebutuhan warga terhenti. 

photoJembatan Lalay yang menjadi penghubung warga tiga desa di Kecamatan Warungkiara, Sukabumi. - (Istimewa)</span

Maka dari itu warga berupaya memperbaikinya meskipun perbaikannya ringan.

"Hanya perbaikan ringan, ada sling yang putus disambungkan kembali serta mengganti papan yang lapuk. Jadi ini swadaya masyarakat murni," kata A Sarabiti pendamping desa di Kecamatan Warungkiara kepada sukabumiupdate.com, Kamis (9/12/2021). 

"Untuk perbaikan, mengandalkan swadaya warga dan penggalangan dana," imbuh Sarabiti.

Dia menuturkan, perbaikan secara swadaya ini dilakukan mulai tanggal 5 Desember dan diperkirakan hingga tanggal 15 Desember. Dengan perbaikan yang dilakukan, jembatan tersebut sudah bisa dilintasi kendaraan roda dua.

"Kendaraan roda empat atau mobil masih belum bisa melintas," ungkap Sarabiti. 

Koleksi Video Lainnya:

Fakta Kasus Pemerkosaan 12 Santriwati oleh Guru Pesantren di Bandung

16 Rumah Rusak Akibat Hujan Angin di Gegerbitung Sukabumi

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI