Sukabumi Update

Pulang dari Arab Saudi Warga Sukabumi Kena Covid-19, Dinkes: Bukan Omicron

SUKABUMIUPDATE.com - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi mengonfirmasi temuan satu kasus positif Covid-19 dari warga yang baru tiba dari Arab Saudi beberapa waktu lalu. Diketahui, Arab Saudi baru-baru ini sudah mengonfirmasi penemuan varian Omicron.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi Rika Mutiara mengatakan, warga tersebut merupakan perempuan asal Curugkembar yang pada Kamis, 8 Desember 2021, sudah dinyatakan sembuh usai menjalani isolasi mandiri di rumahnya. "Alhamdulillah sudah sembuh," kata Rika kepada sukabumiupdate.com.

Rika tidak merinci identitas perempuan ini. Namun, dia menyebut pasien masih dalam usia produktif. Rika juga mengungkapkan, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 sudah melakukan tracing dan testing swab antigen terhadap 15 orang dan hasilnya negatif Covid-19. ""Keluarga dan yang kontak."

photoFoto Ilustrasi. - (Pixabay)

Sebelum dinyatakan sembuh, Rika berujar pasien tersebut hanya mengalami gejala ringan dan menjalani isolasi di rumahnya. serta tidak terinfeksi varian Omicron. Hingga berita ini ditayangkan, Rika memastikan tidak ada warga Kabupaten Sukabumi yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron.

Sementara itu, mengutip keterangan Kementerian Kesehatan dari laporan CNNIndonesia.com, Kemenkes pun memastikan hasil pemeriksaan pengurutan genom secara keseluruhan (Whole Genome Sequencing/WGS) dari pasien asal Sukabumi tersebut bukan terpapar varian SARS-CoV-2 B.1.1.529 atau Omicron.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung atau P2PML Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyebut warga Sukabumi ini juga sudah melakukan isolasi selama 10 hari setelah kedatangannya di Indonesia pada 28 November lalu.

"Itu positif Covid-19 saat datang ya. Dan pasti dilakukan isolasi dan kalau tanggal 28 November positif Covid-19, pemeriksaan WGS hanya lima hari dan hasilnya sudah ada," kata Nadia dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu, 8 Desember 2021.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI