Sukabumi Update

Sejuknya Kalibunder, Kawasan Masyarakat Agraris di Selatan Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Berada diketinggiaan 350 meter diatas permukaan laut, Kalibunder adalah salah satu kecamatan di selatan Kabupaten Sukabumi yang sejuk. Mata pencaharian utama warga Kalibunder adalah pertanian, membuat kawasan ini tetap hijau dengan dua situ atau danau yang kekinian menjadi destinasi penghilang penat dan suntuk.

Kecamatan Kalibunder memiliki luas wilayah 7.786.295 Ha dengan jumlah penduduk kurang lebih 30.099 jiwa. Didukung 7 pemerintah desa yaitu Kalibunder, Sukaluyu, Balekambang, Cimahpar, Sekarsari, Mekarwangi, serta Bojong.

"Disini mata pencaharian utama warga adalah bertani dan berkebun. Merata di semua desa, mayoritas penduduk 75 persen bergelut di pertanian," kata Plt Camat Kalibunder, Deni Yudono kepada sukabumiupdate.com, Jumat (10/12/2021). 

Kalibunder sendiri diapit oleh empat kecamatan lain di wilayah Selatan Sukabumi. Disebelah utara ada Lengkong, timur Pabuaran, selatan Tegalbuleud dan barat berbatasan dengan Cimanggu. 

Selain pertanian, perkebunan dan peternakan lanjut Deni, sektor UMKM berbasis hasil tani, kebun dan ternak menjadi mata pencaharian pendukung warga Kalibunder. "Selain makanan, anyaman bambu dari Desa kalibunder cukup dikenal. Termasuk olahan gula aren serta gula kelapa di Desa Cimahpar." 

Dengan potensi yang dimilikinya, Kalibunder semangat menatap RPJMD 2021 -2026, dimana pemerintah daerah akan fokus pada sektor pertanian sebagai lokomotif pembangunan. Pertanian dianggap kuat dari terpaan "badai" ekonomi seperti yang terjadi saat ini saat dunia dirundung pandemi covid-19.

photoPenataan Kantor Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi - (istimewa)</span

Bicara potensi lainnya, Kalibunder menawarkan panorama pertanian sebagai destinasi kunjungan wisata. Areal sawah baik tadah hujan maupun teknis masih membentang luas disana, dengan spot andalan dua situ atau danau, yaitu Ciengang dan Bagendit.

Situ Ciengang berada di Kampung Buniwangi Desa Kalibunder. Punya luas area  9.898 m persegi atau 0.99 Hektar, dengan kuar keliling 448 meter dan elevasi  618 mdpl.

Baca Juga :

Sementara Situ Bagendit berada Desa Balekambang. Kedua situ atau danau ini merupakan sumber air utama warga kedusunan yang berada di dekatnya, termasuk kebutuhan irigasi sawah.

Saat ini Kalibunder berbenah, jalan kabupaten ruas Palayangan Cimahpar sepanjang 14 kilometer yang masih rusak, ungkap camat diupayakan mulai diperbaiki tahun 2022. "Saat ini tengah pembangunan kawasan kantor kecamatan serta peningkatan pendukung wisata Situ Ciengang."

Selain itu ada program pembangunan di 2021 berupa irigasi BBWS dari Dinas Pekerjaan Umum, UPTD Puskesmas Kalibunder oleh Dinkes dan penataan Kantor Kecamatan kalibunder oleh dinas Perkim.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI