Sukabumi Update

Gempa Terasa Seperti Kendaraan Besar Lewat di Simpenan Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa berkekuatan magnitudo 4,1 mengguncang Sukabumi, Kamis (30/12/2021) pada pukul 05.05 WIB. Dari keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pusat gempa berada di laut 95 Kilometer Barat Daya Kota Sukabumi pada kedalaman 21 Kilometer. 

Adapun titik koordinat gempa berada pada 7.78 LS - 106.90 BT. Getaran gempa dirasakan di daerah Simpenan, Kabupaten Sukabumi dengan Skala Intensitas II - III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). 

Baca Juga :

Ketua Forum Komunikasi SAR Daerah Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri Assidiq menyatakan, belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut. Dari informasi, kata Okih, gempa dirasakan di wilayah Simpenan.

"Berdasarkan info gempa dirasakan di sekitar Simpenan, terasa seperti kendaraan besar lewat. Belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut," kata Okih.

Sementara itu, dalam rilis Balai Besar Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II Tangerang menyatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis Gempa bumi dangkal akibat aktivitas pensesaran di laut pada bagian dalam dari lempeng Eurasia. 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI