Sukabumi Update

Baru 3 Bulan Dibangun, TPT Lapang Sepak Bola di Ciracap Sukabumi Ambruk

SUKABUMIUPDATE.com - Belum lama selesai dibangun, Tembok penahan tanah (TPT) lapang sepak bola Dahaga Bakti yang berada di Kampung Cirangkong, Desa Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, ambruk.

Menurut warga sekitar, Uceh Suparman, TPT ini ambruk pada Senin 25 Desember 2021 lalu, sekitar pukul 18.30 WIB.

"Saat itu kondisi sedang hujan," ujar Uceh kepada Sukabumiupdate.com, Senin (3/1/2022).

TPT yang selesai dibangun sekitar bulan Oktober 2021 ini, lanjut Uceh, ambruk sepanjang sekitar 11 meter dan tinggi 2 meter. Selain itu terdapat keretakan sepanjang 8 meter.

Uceh menduga ambruknya TPT ini disebabkan fondasinya yang tidak kokoh sehingga tidak kuat menahan tanah urugan.

"Fondasinya saja kurang kokoh, jadi tidak kuat menahan tanah urugan, sehingga mengalami ambruk. Silahkan saja bisa di cek pondasinya," tegasnya.

Baca Juga :

Sementara Warga lainnya, Tedi mengatakan bahwa sebelum ambruk TPT ini sudah sering terjadi keretakan sehingga harus sering ditambal oleh semen.  

"Ambruknya pas lewat magrib, sekitar pukul 18.30 WIB, saat hujan besar, ngaleketey (bergeser ke bawah pelan-pelan) dan ambruk, hingga ke pinggir jalan aspal," tambahnya.

Adapun Plt Camat Ciracap, Burhanudin menjelaskan bahwa pembangunan TPT ini termasuk dalam kegiatan penataan lapang Desa Ciracap yang menelan dana sekitar Rp 89 Juta dan bersumber dari APBD Kabupaten Sukabumi tahun 2021.

Burhanudin menambahkan, setelah ambruknya TPT ini pada 25 Desember 2021 lalu, sehari-harinya biasanya ditinjau langsung oleh Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata).

"Katanya akan diperbaiki oleh CV yang mengerjakan, namun hingga saat ini belum dikerjakan," pungkasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI