Sukabumi Update

Di Sukabumi Gus Halim Sebut Ketahanan Ekonomi Ditunjang Dana Desa

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menghadiri peringatan sewindu lahirnya UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa di Kasepuhan Ciptagelar Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (15/1/2022).

Menteri yang akrab disapa Gus Halim ini menyatakan desa tangguh telah terbukti dan mampu menjadi pilar ekonomi nasional dalam kondisi pandemi Covid-19 dua tahun terakhir. 

"Ketahanan ekonomi desa selama pandemi salah satunya ditunjang dengan adanya dana desa yang dari tahun ke tahun terus meningkat. Dana desa ini menjadi penopang utama APBDes," kata dia.

Baca Juga :

Sudah saatnya, kata Menteri, kepercayaan terhadap desa ditingkatkan oleh seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) yang ada. Mengingat dari tahun ke tahun performa desa dalam mengelola dana desa maupun program kerja kian meningkat.

Menteri pun menegaskan jika data desa berbasis SDGs Desa telah rampung, maka akan menjadi titik tolak percepatan pembangunan desa.

"Nantinya, data SDGs Desa ini akan dijadikan sebagai instrumen bagi semua pihak agar urusan data bisa langsung tanya ke desa. Data SDGs Desa akan jadi pintu masuk untuk semuanya yang membutuhkan data," tegasnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman menyampaikan rasa bangga karena Menteri Desa PDTT dalam beberapa hari dapat  menyatu dengan kehidupan masyarakat di Kasepuhan Ciptagelar sehingga dapat merasakan langsung kehidupan keseharian menjadi warga desa kasepuhan Ciptagelar.

“Mudah-mudahan pengalaman tersebut menjadi kesan yang indah sehingga dapat meningkatkan hubungan yang lebih erat antara Kementerian Desa PDTT dan Pemkab Sukabumi" ujarnya.

Sebelumnya, Sekda Ade juga mendampingi Menteri Desa PDTT dalam prosesi penyambutan oleh Ketua Adat Kasepuhan  Ciptagelar Abah Ugi Sugriana Rakasiwi di Kasepuhan Ciptagelar Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok. Jumat (14/1/2022).

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI