Sukabumi Update

Sanggar Mustika Cahya Linuhung dan Pelestarian Seni Sunda di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sanggar seni Mustika Cahya Linuhung yang berada di Jalan Al-Muhidin, Kampung Kaum Kaler RT. 04 RW.01, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi mendapat apresiasi dari pemerintah setempat karena tetap konsisten dalam melestarikan dan mempertahankan kesenian budaya Sunda.

Sanggar yang berdiri sejak tahun 2013 ini ternyata punya strategi agar generasi muda tetap tertarik untuk mempelajari kesenian budaya sunda. Selain mengajarkan seni karawitan dan seni tari, para peserta didik juga diajari alat musik modern.

“Teman-teman generasi muda hari ini sedikit banyaknya memilih seni musik modern, jadi kita berusaha membuka juga. Tujuannya mudah-mudahan akhirnya kita bisa sedikit-sedikit mengarahkan mereka untuk kenal seni daerah,” ujar Pemimpin sanggar seni Mustika Cahya Linuhung, Riyad Hariadi kepada sukabumiupdate.com Jumat (28/1/2022).

Saat ini, kata Riyad, sanggar seni Mustika Cahya Linuhung mempunyai sekitar 100 peserta didik, yang tersebar di Kota maupun Kabupaten Sukabumi, dari usia 7 hingga 19 tahun.

Baca Juga :

Tak hanya untuk masyarakat umum, sanggar ini juga melakukan pembinaan dan pelatihan kesenian ke berbagai sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA di wilayah Kecamatan Cibadak. Selain itu, peserta didik Mustika Cahya Linuhung juga tersebar hingga Bantargadung, Cisaat dan Lengkong.

Karena tidak ingin membebani biaya akomodasi peserta didik yang berada di luar Cibadak, Riyad mengaku pihaknya melakukan kegiatan pembinaan dan pelatihan kesenian di daerahnya masing-masing, atau tidak memaksakan mereka datang langsung ke sanggar.

“Kami tidak memaksakan peserta didik untuk bisa datang ke sanggar, karena memang berkaitan dengan akomodasi. Dengan mereka mau belajar saja itu sudah merupakan hal yang membanggakan. Jadi saya setiap minggu berkeliling untuk mengajar,” ungkap Riyad. 

Untuk diketahui, selama hampir 9 tahun berdiri, sanggar seni Mustika Cahya Linuhung telah banyak mengisi acara di tingkat lokal hingga nasional, diantaranya yaitu mewakili Sukabumi dalam ajang Indonesia Orchestra Insample festival di Taman Ismail Marzuki hingga mewakili Jawa Barat dalam rangka gelar seni budaya indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Teranyar, dengan konsisten, perjuangan, serta prestasi yang diperoleh, Sanggar Mustika Cahya Linuhung mendapatkan apresiasi dari Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dalam acara Sawala Luhung (Musyawarah Besar) yang digelar pada Rabu (26/1/2022) lalu.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Sukabumi mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada pupuhunya mustika cahya linuhung, mudah mudahan semua terlaksana sesuai dengan visi misi Kabupaten Sukabumi untuk memajukan budaya bangsa khususnya budaya sunda yang ada di Sukabumi" ujar Iyos seperti dilansir dari laman resmi Pemkab Sukabumi.

REPORTER: CRP 2

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI