Sukabumi Update

Imlek 2022, Irman Sufi Rilis Buku Hikayat Masyarakat Tionghoa Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Pengamat sejarah Sukabumi Irman Firmansyah Sufi bakal meluncurkan buku terbarunya yang berjudul "Hikayat Masyarakat Tionghoa Sukabumi" pada 19 Februari 2022 mendatang. Ini menjadi kado khusus Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Selasa besok, 1 Februari 2022.

Diterbitkan Yayasan Dapuran Kipahare, buku setebal 256 halaman ini menjadi karya keenam Irman. Proses pengumpulan bahan buku ini sudah dimulai sejak 2019, namun baru disusun pada awal 2021 karena terhambat pandemi Covid-19. "Rilis 19 Februari sekalian bedah buku," katanya, Senin, 31 Januari 2022.

Irman yang sebelumnya terkenal dengan buku "Soekaboemi the Untold Story", mengatakan referensi buku terbarunya tersebut berasal dari dalam luar negeri. Bahkan data-data zaman perang dia muat dalam buku ini. "(Referensinya) ada dari library Belanda, Jerman, dan majalah atau buku pada masanya."

photoAntoni saat memegang buku "Hikayat Masyarakat Tionghoa Sukabumi". Dia adalah salah satu narasumber dalam buku tersebut. - (Istimewa)

Baca Juga :

Buku ini didedikasikan oleh Irman untuk warga Tionghoa yang ada dan pernah tinggal di Sukabumi. Harapannya, ini menjadi sumber pengetahuan baru masyarakat Tionghoa tentang sejarah leluhurnya. Sementara bagi warga Sukabumi, menjadi gambaran panjangnya relasi masyarakat Tionghoa dan Sunda sejak dulu.

"Kesulitannya adalah wawancara, karena banyak yang sudah tidak ada saksinya atau ada tapi sudah pikun. Ada pula yang tidak mau berbicara karena masih ada ketakutan," ucap Irman. Buku ini pun sudah banyak dibeli, bahkan oleh warga luar negeri. "Ada yang beli dari Australia dan Kanada, juga orang Tionghoa diaspora Sukabumi di sana."

Penerbitan buku "Hikayat Masyarakat Tionghoa Sukabumi" dikerjasamakan dengan Museum Tionghoa Soekaboemi. Buku ini menceritakan sejarah awal masuknya masyarakat Tionghoa ke Sukabumi, kisah tentang keberadaannya yang sudah berabad-abad, dan andilnya mereka dalam pembangunan bangsa.

Buku ini sudah dapat dibeli di Museum Tionghoa Soekaboemi di Jalan Pajagalan, Komplek Ruko Danalaga Square, Blok I, Nomor 22, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi. Ada harga spesial sebelum launching yakni Rp 100 ribu. Informasi selengkapnya bisa hubungi Nagita: 085659823831 dan Hanifah : 087785593338.

Koleksi Video Lainnya:

Pedagang Kaki Lima di 7 Lokasi Bakal Direlokasi ke Pasar Pelita Kota Sukabumi

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI