Sukabumi Update

Monyet Penghuni Hutan Cipeucang Sukabumi Turun ke Jalan, Pernah Menjarah Warung

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi Anda pengguna jalan Geopark Ciletuh ruas Tamanjaya - Palangpang, tepatnya memasuki hutan lindung Cipeucang perbatasan Desa Tamanjaya dan Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, jangan kaget apabila disepanjang jalan raya tersebut Anda bertemu kawanan monyet ekor panjang turun ke jalan.

"Sudah hampir 2 tahun, monyet berekor turun ke jalan, mencari makanan, jumlahnya cukup banyak," kata Devi pemilik warung di Tanjakan Cipeucang kepada sukabumiupdate.com, Rabu 2 Februari 2022.

Primata dengan nama latin Macaca fascicularis tersebut, kata Devi, sudah biasa bergelantungan di pepohonan dan kabel telepon di sepanjang jalan.  

"Mereka datang kalau pagi sekitar jam 8, siang hari jam 12 atau jam 2 dan terakhir sore hari sekitar jam 4 sore," lanjutnya.

Baca Juga :

Devi mengungkap penyebab monyet-monyet tersebut turun ke jalan. Awalnya sering menjarah warung, lama-kelamaan akhirnya diberi makanan oleh warga sekitar.

"Pada awalnya hewan - hewan tersebut pernah menjarah makanan. Biasanya sering menjarah warung, seperti mengambil kerupuk saat pemilik ada di dalam warung, tapi sudah 2 tahun ini, kami suka memberinya makanan, ada jagung, kelapa, serta pisang. Setelah mereka kenyang masuk lagi kedalam hutan," bebernya.

Dia juga memastikan tak ada hewan jenis lain yang keluar dari hutan selain hewan jenis Monyet.

"Kebanyakan yang mendekat adalah monyet, kalau yang lainnya seperti lutung diatas pohon pinggir jalan dan ditempat sepi. Mungkin mereka berharap ada yang memberi atau membuang makanan ke pinggir jalan," pungkasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI