Sukabumi Update

Warga Swadaya Lakukan Penataan Puncak Aher Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Objek wisata Puncak Aher dibersihkan dan ditata oleh warga setempat. Spot wisata di kawasan Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi itu pun tampil lebih resik dan nyaman.

Puncak Aher terletak di Kampung Pamoyanan, Kedusunan Mekarsari I, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Di lokasi ini para wisatawan biasanya menikmati lanskap perbukitan, sawah hingga laut lepas. Bahkan, Puncak Aher sempat diklaim sebagai tempat terbaik olahraga paralayang.

Baca Juga :

Sebelum berganti nama pada 2015, warga setempat menyebut lokasi itu Puncak Pamoyanan. Puncak Aher sendiri diambil dari nama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. 

photoWarga membangun saung di spot wisata Puncak Aher yang berada di kawasan Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi. - (Istimewa)</span

Sekretaris Desa Ciemas, Sugiri Indra Permana menyatakan pembersihan spot wisata Puncak Aher merupakan inisiatif ketua RW, kepala Dusun Mekarsari serta warga.

Sugiri menyatakan, ilalang dan rumput mulai dibersihkan pada 5 Desember 2021. Menurut dia, hampir 2 mingguan warga membersihkan lokasi wisata tersebut serta membuat saung, gapura serta spot selfie berupa perahu dari bambu. 

"Sekarang masih dalam tahap penataan, akan tetapi sudah bisa dikunjungi, tempatnya sudah mulai bersih, tidak seperti bulan - bulan kemarin," ungkap Giri, kepada sukabumiupdate.com, Jumat (4/2/2022).

Menurut dia, pengunjung yang mau kemping atau melihat pemandangan dan berfoto dipungut biaya. Untuk parkir untuk sepeda motor Rp 3000 dan kendaraan roda 4 Rp 5000, kemudian masuk area foto swafoto Rp 3.000. “Sedangkan untuk yang mau kemping per grup atau rombongan Rp 50 ribu tanpa pengamanan. Sedangkan R 75 ribu plus keamanan kendaraan," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI