Sukabumi Update

Tebing Sungai Cicurug di Purabaya Sukabumi Longsor, Jembatan Terancam Putus

SUKABUMIUPDATE.com - Curah hujan dan debit air tinggi akhir-akhir ini, menyebabkan tebing penahan tanah dan jembatan di sungai Cicurug yang berada di Kampung Cicurug RT 04/ RW 06 Desa Citamiang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, longsor.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Purabaya, Yanto Prayitno mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (18/2/2022) sekitar pukul 16.14 WIB.  

"Hujan deras yang terjadi dengan intensitas tinggi, menyebabkan arus Sungai Cicurug sangat deras dan meluap sehingga mengakibatkan longsor," ujar Yanto kepada sukabumiupdate.com, Minggu (20/2/2022).

Baca Juga :

Menurut Yanto, longsoran sepanjang 2 meter dengan ketinggian 5 meter itu mengancam keberadaan jembatan penghubung Desa Citamiang dengan Desa Margaluyu.

"Panjang jembatan 3 meter, lebar 1 meter. Kondisinya masih bisa dilewati pejalan kaki, begitu juga dengan sepeda motor, namun bilamana tidak segera diperbaiki, besar kemungkinan kalau hujan terjadi kembali dengan intensitas deras dan durasi lama akan mengakibatkan air menggerus kembali tanah, sehingga mengancam jembatan," jelasnya.

Oleh sebab itu, sebagai langka antisipatif, pihaknya berkoordinasi dengan Pemdes dan Muspika mengimbau kepada warga agar senantiasa berhati-hati saat melintasi jembatan tersebut.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI