Sukabumi Update

DP2KBP3A Kota Sukabumi Sosialisasi Pengelolaan Data Berbasis Aplikasi New SIGA

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Sukabumi melaksanakan sosialisasi pengelola data dan informasi melalui New Sistem Informasi Keluarga (SIGA) Selasa (22/2/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan bidang pengendalian Penduduk Keluarga Sejahtera (PPKS) Dinas P2KBP3A Kota Sukabumi berlangsung satu hari dan tujuannya adalah untuk semakin mengoptimalkan para operator terutama petugas lapangan untuk menginput data tentang SIGA.

Baca Juga :

SIGA adalah seperangkat tatanan yang meliputi data, informasi, indikator, prosedur, perangkat, teknologi, dan sumber daya manusia yang saling berkaitan dan dikelola secara terpadu untuk mengarahkan tindakan atau keputusan yang berguna dalam mendukung pembangunan keluarga 

"Dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, menyatakan bahwa dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas dilakukan upaya yaitu pemaduan kebijakan kependudukan dari berbagai sektor pembangunan, pengendalian angka kelahiran, penurunan angka kematian, pengarahan mobilitas penduduk, pengembangan kualitas penduduk pada seluruh dimensinya, peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, penyiapan dan pengaturan perkawinan serta kehamilan," kata Kepala Bidang PPKS Rita Rosita.

Menurut dia, upaya tersebut akan lebih menjamin pencapaian kondisi penduduk Indonesia yang berkualitas dan menjadi sumber daya yang tangguh bagi pembangunan dan ketahanan nasional. Selain itu sosialisasi pengelola data dan informasi melalui New SIGA ini meningkatkan keterampilan manajemen operasional dalam penggarapan program pembangunan keluarga, kependudukan dan KB guna mencapai sasaran program Bangga Kencana Tahun 2022.

Sosialisasi ini juga memberi petunjuk secara rinci tentang tata cara pelaksanaan dan mekanisme pencatatan dan pelaporan program pembangunan keluarga, kependudukan dan KB. "Guna memudahkan pelaksanaan tugas para pelaksana di lapangan dan para pengelola pencatatan dan pelaporan dalam penyediaan data dan informasi bagi pengelolaan program Bangga Kencana di Kota Sukabumi," ujar Rita.

Kegiatan sosialisasi pengelola data dan informasi melalui New SIGA ini menghadirkan nara sumber Tim Datin Perwakilan BKKBN Jawa Barat dan dihadiri Koordinator Lapangan (Korlap) Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dan serta Tim Penggerak Desa (TPD)  kemudian operator kecamatan bidang terkait.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI