Sukabumi Update

Lempeng Eurasia Bergeser, Gempa Laut Bayah Dirasakan Hingga ke Cibadak Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa tektonik magnitudo 4,8 terjadi di perairan selatan Banten dan Jawa Barat. Gempa yang terjadi 28 Februari 2022 pukul 22:38:11 WIB malam ini dilaporkan mengguncang wilayah bayah dan sekitarnya hingga Cibadak Sukabumi.

Hasil analisa BMKG menunjukkan gempabumi ini, Episenter gempa berada pada koordinat 7.34 LS dan 106.08 BT, atau tepatnya di laut pada jarak 49 km BaratDaya BAYAH-BANTEN pada kedalaman 28 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, ini gempa bumi dangkal akibat aktivitas Pensesaran di laut pada bagian dalam dari lempeng Eurasia," tulis Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto dalam rilis resmi BMKG.

Data BMKG mencatat dampak gempa bumi dalam peta tingkat guncangan (Shakemap) dan berdasarkan laporan masyarakat, dirasakan di wilayah Jiput, Cimanggu, Carita,Labuan, Bayah dengan Skala Intensitas II - III MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,

Baca Juga :

Lalu di Cisolok dengan Skala Intensitas II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. "Hingga kini belum ada laporan kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut, termasuk hingga pukul 23:02 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan," sambung Hartanto dalam rilis tersebut.

Sejumlah netizen melaporkan merasakan getaran dari gempa ini. akun Salma Rahmatillah menulis komentar di akun facebook BMKG Bandung; Sy dr cibadak - sukabumi, lumayan kerasa dikit getarannya."

Warga Palabuhanratu dan simpenan juga melaporkan hal yang sama, namun guncangan lumayan kuat. "Kaget banget masyaAllah sampe sekarang gemeteran," tulis akun Neng warga Palabuhanratu ratu di kolom komentar medsos info gempa dunia.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI