Sukabumi Update

Soal Sampah di Tempat Wisata, Pemkab Sukabumi Akui Kewalahan Kalau Tidak Dibantu

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman menerima expose dari Forum Bank Sampah Sukabumi mengenai rencana pengelolaan sampah di kawasan Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp) di Pendopo Sukabumi, Jumat (4/3/2022).

Expose dipaparkan oleh Ketua Forum Bank Sampah Sukabumi Asep Miftahudin. Diakhir Kegiatan, Ade mengapresiasi dibentuknya Forum Bank Sampah, sebab dapat menjadi tempat bagi pemerintah daerah untuk memfasilitasi program dan kegiatan berkaitan dengan pengelolaan sampah.

Baca Juga :

"Alhamdulillah dengan adanya forum ini kita sebagai pemerintah daerah bisa terbantu, karena jika semua bertumpu kepada pemerintah daerah kita akan kewalahan," ungkap Ade.

Ade menyatakan saat ini Pemkab Sukabumi telah mengalokasikan pengelolaan sampah untuk 36 kecamatan. "Maka dari itu dengan Bantuan dari Forum Bank sampah ini kita terbantu, kita Fokuskan dahulu pengelolaan sampah di wilayah CPUGGp karena itu tempat wisata dimana banyak pengunjung pasti meninggalkan sampah," jelasnya.

Selain itu sekda juga menyampaikan di Kabupaten Sukabumi sendiri akan ada pengelolaan sampah dirubah menjadi sumber ekonomi dimana selain menjaga kebersihan tentunya menjadi pendapatan bagi masyarakat maupun pengelolanya.

"Sudah ada para pengusaha yang mau masuk ke Sukabumi terutamanya di pengelolaan sampah yang di Cimenteng [Kecamatan Cikembar] mudah-mudahan segera bisa diselesaikan" ungkapnya.

Ade berharap program pengelolaan sampah ini berjalan lancar dimana program ini memfokuskan agar masyarakat bisa aktif dalam memilah sampah dan mudah untuk didaur ulang sehingga tidak membebani lingkungan.

"Program ini merupakan salah satu wujud dari sinergi pentahelix yang diterapkan dalam pengelolaan program pengelolaan sampah. Yang tidak kalah pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat mulai dari disiplin waktu membuang sampah, memilah sampah dari rumah. Dan hari ini kita fokuskan program ini wilayah Geopark Kemudian kedepannya untuk seluruh wilayah di Kabupaten Sukabumi," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI