Sukabumi Update

Unik! Warga Gunungguruh Dapat Ikan Mas Jumbo di Situ Kubang Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Peristiwa unik terjadi di Situ Kubang Kampung Kutamaneh, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi. Seorang warga bernama Japrot berhasil mendapatkan ikan mas berukuran jumbo saat memancing di tempat itu pada Senin, 7 Maret 2022.

Muhammad Fikri (34 tahun), warga sekitar, mengatakan ikan mas tersebut ditangkap Japrot yang merupakan warga Kampung Ciburial, Desa Cikujang, pada Senin sekira pukul 16.00 WIB. Fikri mengaku memperoleh kabar ini dari masyarakat dan ia pun mengunggah kejadian tersebut di Facebook.

"Itu laporan warga, sehingga saya posting di Facebook. Banyak saksinya, teman saya, saudara saya, saat ikut memancing di sana," kata Fikri kepada sukabumiupdate.com, Selasa, 8 Maret 2022. "Ikan mas itu kurang lebih beratnya 14 kilogram," tambah pria yang juga mengelola akun Cikujang Facebook.

photoPeristiwa unik terjadi di Situ Kubang Kampung Kutamaneh, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi. Seorang warga berhasil mendapat ikan mas berukuran jumbo saat memancing di tempat itu. - (Istimewa)

Baca Juga :

Menurut penuturan Fikri, Situ Kubang sudah terbentuk sejak 50 tahun lalu. Semula, tempat ini hanya kolam berukuran kecil. Namun, irigasi di sekitar tempat itu sempat tidak berfungsi dan menyebabkan air meluap ke sawah warga dan mengakibatkan terbentuknya Situ Kubang yang lebih luas, sekira 2 hektare.

"Situ Kubang sekarang masih alami, belum ada pengelolaan dari pihak mana pun. Kami justru ingin ada pengelolaan, karena kalau ditata pasti bagus," ungkap dia. Fikri menyebut belum ada akses jalan, baik roda dua maupun empat, untuk menuju Situ Kubang. "Paling motor dititip di rumah warga sekitar."

Adapun ikan mas jumbo tersebut saat ini dibenihkan di kolam milik warga yang menangkapnya. "Memang warga yang mancing di sana sudah beberapa kali dapat ikan mas ukuran besar. Meski, tidak sering. Biasanya dapat ikan nila," kata Fikri.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI