Sukabumi Update

Modal Pelet, Cerita Japrot Pemancing Ikan Mas Jumbo di Situ Kubang Sukabumi

SUKABUMiUPDATE.com - Cecep (40 tahun) menceritakan detik-detik dia menangkap ikan mas dengan bobot tak biasa di Situ Kubang di Kampung Kutamaneuh, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi.

Pria yang akrab disapa Japrot itu menyatakan ikan itu ditangkap dengan cara dipancing pada Senin, 7 Maret 2022.

Baca Juga :

Pada awalnya, yang menjadi target warga Kampung Babakanciburial RT 01/01, Desa Cikujang, Kecamatan gunungguruh adalah ikan nila. Namun yang terjadi diluar dari perkiraannya. Umpan pelet di ujung pancingnya itu disambar seekor ikan mas berukuran jumbo. "Awalnya lagi mancing Nila eh nyangkut sama ikan mas, kalau umpannya biasa pakai pelet,” ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (9/3/2022). 

Japrot pun belum bisa memastikan berapa bobot ikan mas yang ditangkapnya itu. Saat ini ikan tersebut masih ada di kolam ikan dan rencananya mau dipelihara. “Yang kemarin belum di kilo, Ikan ada di kolam, rencananya mau dipelihara," tuturnya. 

photoCecep alias Japrot (kanan), pemancing ikan mas jumbo di Situ Kubang di Kampung Kutamaneuh, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi. - (Istimewa)</span

Menurut dia, Situ Kubang bukan tempat yang asing baginya karena kalau tak ada kerjaan dia akan pergi memancing di tempat itu. Sebelum mendapat ikan mas tersebut, Japrot mengaku pernah mendapatkan ikan mas yang beratnya 8 Kg sekitar enam tahun yang lalu. 

Japrot menyebut, kemungkinan ada yang menebar bibit ikan sehingga banyak Ikan mas besar yang hidup di Situ Kubang.

“Jadi kalau sebelum mancing biasanya para pemancing itu menebar dulu ikan mas ataupun ikan nila, seperti 2 minggu ke belakang ada nebar 20 kg. Jadi ikan yang hidup disitu ukurannya besar-besar,” jelasnya.

Japrot bersama pemancing lainnya menganggap ikan mas yang berhasil ditangkap tersebut merupakan ikan mas biasa. 

"Zaman sekarang mah udah berubah, ga ada mitos terkait ikan itu. Kalau zaman dulu iya, 50 tahun ke belakang. Banyak cerita di situ Kubang itu ada ikan gede dan ada ikan lubang sebesar pohon kelapa juga," jelasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI