Sukabumi Update

8 Aksi Integritas, Bappelitbangda Dorong Percepatan Zero Stunting di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri menekankan sejumlah unsur untuk bersama-sama menekan angka stunting. Sehingga, harapan zero stunting di Kabupaten Sukabumi bisa segera terwujud.

"Kita harus berkomitmen melakukan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Sukabumi," katanya saat memberikan arahan pada rapat kerja akselerasi aksi konvergensi percepatan penurunan stunting di Kabupaten Sukabumi di Salabintana, Kamis, 10 Maret 2022.

Kolaborasi pentahelix dinilai menjadi hal penting dalam suksesi penurunan stunting. "Kalau tidak bekerja sama, sulit berhasil. Kita kolaborasi bersama pentahelix. Jadi tidak hanya perangkat daerah, namun pihak lain agar sukses," kata Iyos.

Iyos juga menekankan pentingnya delapan aksi integrasi dalam menurunkan stunting. Aksi pertama ialah mengidentifikasi sebaran stunting, ketersediaan program, dan kendala dalam pelaksanaan integrasi intervensi gizi.

photoWakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat memberikan arahan pada rapat kerja akselerasi aksi konvergensi percepatan penurunan stunting di Kabupaten Sukabumi di Salabintana, Kamis, 10 Maret 2022. - (Istimewa)

Baca Juga :

Aksi kedua menyusun rencana kegiatan untuk meningkatkan pelaksanaan integrasi intervensi gizi. "Aksi ketiga menyelenggarakan rembuk stunting tingkat kabupaten/kota, seperti yang kali ini kita lakukan," ungkapnya. Aksi keempat memberikan kepastian hukum bagi desa untuk menjalankan peran dan kewenangan desa dalam intervensi gizi terintegrasi. 

Kelima, memastikan tersedianya dan berfungsinya kader yang membantu pemerintah desa dalam pelaksanaan intervensi gizi terintegrasi ditingkat desa. Keenam, meningkatkan sistem pengelolaan data stunting dan cakupan intervensi ditingkat kabupaten/kota.

"Ketujuh melakukan pengukuran pertumbuhan dan perkembangan anak balita dan publikasi angka stunting kabupaten/kota. Aksi kedelapan melakukan review kinerja pelaksanaan program dan kegiatan terkait penurunan stunting selama satu tahun terakhir," katanya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah atau Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi Asep Abdul Wasit mengatakan workshop ini sebagai tempat untuk mengemukakan langkah strategis yang harus dilakukan tahun ini dan akan datang. Terutama dari sisi kolaborasi dalam menurunkan angka stunting. 

"Dengan kebersamaan, terprogram dan fokus, kita pasti bisa menurunkan angka stunting," terangnya.

SUMBER: WEBSITE PEMKAB SUKABUMI

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI