Sukabumi Update

Puskesmas Cidahu Sukabumi Beri Layanan Iva Test Gratis, Ini Syaratnya

SUKABUMIUPDATE.com - Forum Komunikasi Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi bersama Puskesmas Cidahu dan tim penggerak PKK melaksanakan kegiatan pelayanan iva test gratis. 

Iva test sendiri merupakan salah satu cara untuk mendeteksi kanker serviks atau kanker mulut rahim. Agar bisa mendapatkan pelayanan gratis ini warga Cidahu hanya perlu menunjukan BPJS. 

Baca Juga :

Kepala Puskesmas Cidahu Nadia Nyoman Werti menyatakan pelayanan iva test gratis merupakan kegiatan rutin puskesmas setiap hari Rabu. Namun karena pada Rabu kemarin dilaksanakan vaksinasi maka pelayanan iva test dilaksanakan pada Jumat (11/3/2022).

Lebih lanjut Werti menerangkan bahwa iva test merupakan program yang sangat penting sebagai deteksi dini kanker serviks. "Sangat penting untuk wanita sebagai deteksi terhadap kanker serviks," katanya.

Lebih lanjut, Nyoman menyatakan di Kecamatan Cidahu sendiri sejauh ini belum ditemukan kasus kanker serviks. "Sejauh ini belum ada temuan kasus. Kami menghimbau masyarakat agar rutin memeriksakan kesehatan rahimnya minimal setiap tiga tahun sekali," jelasnya.

Sementara itu, Camat Cidahu Zaenal Abidin mengatakan bahwa pelayanan iva test merupakan salah satu program yang dinamakan Gendong Istri yakni Gerakan Mendorong Pasangan Istri.

Tujuan program ini antara lain agar suami semangat memotivasi istrinya untuk pergi ke puskesmas untuk mengecek kesehatannya. “Supaya suami bisa mendorong motivasi istrinya untuk pergi ke puskesmas." ujar Camat Cidahu tersebut. 

Untuk memotivasi warganya pergi ke puskesmas, warga yang mendaftar pemeriksaan iva test bisa menebus 1 liter minyak goreng seharga Rp 14.000.

Reporter: CRP 4

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI