Sukabumi Update

Rumah di Nangela Sukabumi Rusak Akibat Gempa, Kades Sebut Tanah Labil

SUKABUMIUPDATE.com - Dadang Kurniawan (27 tahun) bersama istri dan anaknya yang berusia 10 tahun terpaksa mengungsi ke tetangga lantaran rumahnya rusak diguncang gempa magnitudo 5.3 pada Rabu, 16 Maret 2022. Mereka merupakan warga Kampung Pasir Salam RT 16/05 Desa Nangela, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi.

Kepala Desa Nangela, Sudin, mengatakan rumah permanen milik Dadang mengalami kerusakan pada bagian tembok atas ruangan dapur akibat gempa magnitudo 5.3 (hasil pemutakhiran data BMKG) di perairan selatan Sukabumi-Cianjur, Rabu kemarin. "Mengalami kerusakan akibat getaran gempa," kata Sudin kepada sukabumiupdate.com, Kamis (17/3/2022).

photoRumah Dadang yang rusak dampak gempa kuat di perairan pesisir Sukabumi-Cianjur, Rabu. - (TKSK Tegalbuleud)

Baca Juga :

Sejak kemarin hingga Kamis ini, Dadang dan keluarganya mengungsi ke rumah tetangga karena khawatir terjadi gempa bumi susulan. "Sejak kemarin penghuni sementara dievakuasi ke rumah tetangga untuk diamankan. Takut ada gempa susulan," ucap Sudin. Pemerintah Desa Nangela pun telah melaporkan kerusakan ini ke pihak Kecamatan Tegalbuleud.

Sementara ini Sudin mencatat hanya satu rumah yang terdampak dan rusak akibat gempa Rabu kemarin yakni rumah Dadang. Rumah ukuran 6x8 meter ini berlokasi cukup jauh dari laut Tegalbuleud. Namun, kondisi tanah di wilayah rumah tersebut labil. "Kontur tanah yang ditempati memang diduga labil, sehingga cukup rawan juga," ungkapnya.

Kekinian, Dadang dan keluarganya sedang membersihkan puing-puing reruntuhan gempa di rumahnya. Mereka pun akan kembali menempati rumah itu.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI