Sukabumi Update

Warga Dua Desa di Cicurug Sukabumi Bikin Aliran Baru, Bendungan Cipeuncit Jebol

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Desa Bangbayang dan Mekarsari gotong royong membuat aliran air baru pagi ini, Sabtu (19/3/2022) dari sungai Cipeuncit di Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Kerja bakti yang dilakukan masyarakat bersama aparat desa ini dilakukan akibat jebolnya bendungan Cipeuncit pada Sabtu pekan lalu, 12 Maret 2022. 

"Kerja bakti di bendungan cipeuncit Cicurug karena jebol," ujar Eka (39 tahun) warga Desa Bangbayang. 

"Alhamdulillah warga dari beberapa kampung di dua desa ikut berpartisipasi bersama aparat desa." Tambahnya. 

Ukat Sukatma, ketua RT 02/07 Desa Mekarsari mengatakan pada sukabumiupdate bahwa kerja bakti hari ini adalah upaya untuk membuat aliran baru untuk pengairan di Desa Bangbayang dan Mekarsari. 

photoWarga bergotong royong membuat aliran baru dari sungai untuk lahan pertanian dua desa di Cicurug Sukabumi - (CRP 4)</span

"Hasil rapat bersama antara para petani dan masyarakat desa dan pemdes Bangbayang membuat aliran baru."

Pembuatan aliran air yang baru ini dilakukan akibat bendungan Cipeuncit sudah dua kali jebol setelah diperbaiki secara swadaya menggunakan puluhan bronjong yang diisi batu kali, "Dialihkan ke yang baru agar lebih lancar, setahun kemarin sudah dua kali jebol." Imbuh Ukat. 

Baca Juga :

Lebih lanjut, Ukat menuturkan bahwa pembuatan aliran sungai yang baru ini membutuhkan banyak bronjong, "Bronjong sekitar 40 kurang lebih hasil rapat tapi menyesuaikan kebutuhan sekarang di lapangan seperti apa."

Harapannya setelah aliran baru ini selesai dibuat warga bisa merawatnya dengan baik, "Mudah-mudahan setelah berjalan warga bukan hanya memanfaatkan namun merawatnya juga." 

Reporter : CRP 4 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI