Sukabumi Update

Pilkades di Parungkuda Sukabumi, Dari 10 Hanya Satu Bacalon Perempuan

SUKABUMIUPDATE.com - 3 Desa di Kecamatan Parungkuda akan melaksanakan Pilkades serentak Kabupaten Sukabumi pada 8 Mei 2022. Desa itu adalah Pondokasolandeuh, Langensari serta Sundawenang. 

Total sudah ada 10 bakal calon di 3 desa tersebut. Dari jumlah itu hanya ada seorang wanita. 

Baca Juga :

Sekretaris panitia Pilkades Desa Sundawenang Faisal menuturkan sudah ada 3 bakal calon di desa tersebut yang salah satunya adalah incumbent atau petahana. Selain itu dari 3 bacalon itu hanya seorang yang perempuan. 

"Ada nama Wahid (petahana), Dinah Daniarti serta Goesul Mugis,” ujar Faisal di kantor sekretariat panpel pilkades Desa Sundawenang kepada sukabumiupdate.com, Senin (21/3/2022).

Tiga nama bakal calon itu akan memperebutkan sekitar 9.800 lebih suara di Desa Sundawenang. “Totalnya ada 9.874 dan [hak pilih] masih dalam tahap pendataan," singkat Faisal.

Sementara itu di Desa Langensari pihak panitia pelaksana juga sudah menerima tiga pendaftar bakal calon kades. "Yang sudah mendaftar ada tiga, Mpep Andri, Didi Jaenulatif, Anda Supriadi (petahana)," ujar Marpu Maksudi Albi, ketua Pelaksana Pilkades Desa Langensari. 

Dari pendataan sementara panitia terdapat 4938 hak pilih di Desa Langensari adapun untuk kepastian jumlah hak pilih akan ditetapkan pada DPT. “4938 plus tambahan, masih ada tambahan juga sampai penetapan DPT,” jelasnya.

Marpu berharap pelaksanaan Pilkades lancar dan tak ada kendala. "Lancar dan mudah-mudahan ga ada kendala," pungkasnya.

Berbeda dengan Langensari serta Sundawenang, bakal calon kades yang akan bertarung di Pilkades Desa Pondokasolandeuh berjumlah empat orang. “Ada 4, pertama Ujang Sopandi, Iman Sudirman, Pak Dadeng dipanggil Pak Sengseng, Pak Endang Rohimat." jelas Hakim, ketua pelaksana pilkades Desa Pondokasolandeuh. 

Hakim menuturkan untuk jumlah hak pilih sementara di Desa Pondokasolandeuh ada sekitar 8000-an. "Berdasarkan hasil pemutakhiran sementara di angka 8000-an,” jelasnya.

Menurut dia, dari hasil pemutakhiran hak pilih kebanyakan tambahan itu berasal dari pemilih pemula. "Kebanyakan tambahan pemula rata-rata per RT 5-10 [hak pilih]," kata dia.

REPORTER: CRP 4

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI