Sukabumi Update

Cimandiri? Gempa Dangkal M 3,2 di Tenggara Kota Sukabumi, BMKG: Sesar Lokal

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa dengan magnitudo 3.2 dirasakan sebagian warga Sukabumi pada Selasa (22/3/2022) pagi. BMKG mencatat gempa terjadi pukul 08:52:08 WIB berada di koordinat 6.95 LS dan 107.06 BT, berlokasi di darat pada jarak 14 km Tenggara Kota Sukabumi dengan kedalaman 8 kilometer. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," tulis Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto dalam rilis BMKG. Seperti diketahui di wilayah tersebut merupakan jalur sesar lokal Cimandiri yang terbentang dari Palabuhanratu hingga Bandung Barat.. 

Baca Juga :

Gempa bumi ini berasarkan peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dari laporan masyarakat, dirasakan  di wilayah Kebonpedes, Cireunghas dengan Skala Intensitas II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.  "Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," sambung Hartanto.

Hingga pukul 09:23 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. BMKG memghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," tutup Hartanto.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI