Sukabumi Update

Longsor Rusak Irigasi di Cikembar Sukabumi, 40 Hektar Sawah Terdampak

SUKABUMIUPDATE.com - 40 hektar sawah terancam kekeringan akibat dampak jalan longsor yang berimbas ke irigasi di Kampung Cihonje RT 02/05, Desa Sukamaju, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Bencana tersebut terjadi pada Selasa (22/3/2022).

Jalan tersebut longsor di sebelah kanan dari Kampung Cihonje ke arah Kantor Desa Sukamaju. Namun longsor membuat retakan ke irigasi yang berada di kiri jalan arah Kantor Desa Sukamaju ke Kampung Cihonje.

Baca Juga :

Petani Didih (73 tahun) berharap ada perbaikan secepatnya karena sawah seluas 40 hektar sangat tergantung pada irigasi tersebut. Apalagi beberapa petak sawah sudah ditanami padi. 

“Untuk saat ini kita hanya bisa menunggu perbaikan, atau menunggu datangnya hujan. Yang paling bikin khawatir itu sebagian sawah di sini baru 10 hari ditanami padi, kalo pengairannya kurang cukup dikhawatirkan sawah kurang optimal," tuturnya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (22/3/2022)

Sementara itu, Kepala Dusun Desa Sukamaju, Daris menuturkan longsor membuat kerusakan cukup parah pada jalan.

"Setelah kami cek ke lokasi kejadian, jalan semakin mengecil, ketika di cek bersama BPBD kerusakan sekitar 60 persen," tuturnya

Menurut Daris yang saat ini dibutuhkan adalah bronjong kemudian untuk irigasi akan disiasati dengan menggunakan paralon ukuran diameter setengah meter agar air bisa mengairi sawah.

“Karena akses jalan semakin mengecil kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dan waspada, apalagi jika curah hujan sedang tinggi," pungkas Daris.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI