Sukabumi Update

Kata Wabup Soal Pentingnya Peran Perkumpulan Petani Pemakai Air di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi Iyos Somantri membuka bimtek penguatan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) yang diselenggarakan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi, Selasa (22/3/2022).

Dilansir dari akun media sosial Pemkab Sukabumi, Iyos menyatakan pemerintah menyambut baik upaya meningkatkan kualitas kerja petugas operasi dan pemeliharaan irigasi dikalangan P3A yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga :

"Melalui bimtek ini diharapkan peserta memahami tentang peran dan tanggung jawab P3A dalam pengelolaan jaringan irigasi terutama memahami pembagian peran serta dalam pengelolaan irigasi antara pemerintah dan masyarakat," jelasnya.

Iyos menyatakan penyediaan air irigasi bagi tanaman menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan dan terjaminnya penyediaan air irigasi bisa diupayakan melalui peran aktif P3A.

Menurut dia, petani diberi wewenang dan tanggung jawab pemeliharaan ditingkat usaha tani. Hal itu sebagaimana diatur dalam UU Nomor 7/2004 tepatnya di pasal 41 yaitu bahwa pemerintah berwenang dan bertanggung jawab mengembangkan irigasi Sekunder dan Primer selanjutnya untuk pengembangan irigasi tersier menjadi hak dan tanggung jawab P3A.

Iyos berharap manfaat bimtek ini bisa dirasakan oleh masyarakat dan menjadikan irigasi di Kabupaten Sukabumi akan lebih baik dan hasil produksi pertanian akan meningkat.

Sementara itu, Kadis PU Kabupaten Sukabumi Asep Japar mengatakan bimtek tersebut untuk meningkatkan kualitas pengaturan irigasi supaya lebih baik. "Bimtek diikuti oleh 156 orang Mitra Cai se-Kabupaten Sukabumi," ujarnya.

Diakhir acara dilakukan pemberian akta notaris bagi P3A yang diwakili oleh tiga orang peserta.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI