Sukabumi Update

Melihat Penanganan Rumah Rusak Disapu Puting Beliung di Nagrak Utara Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Bencana angin puting beliung yang melanda Kampung Sinagarkolot, Desa Nagrak Utara, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 9 Maret 2022 merusak puluhan rumah. 

Dari data Pemerintah Desa (Pemdes) Nagrak Utara tercatat 96 rumah di Kampung Sinagarkolot RT 01 dan 02 RW 08 terdampak dengan kategori rusak ringan, sedang dan berat.

Baca Juga :

Kini rumah-rumah tersebut telah diperbaiki, salah satunya milik Eti (43 tahun). Rumah yang berada di RT 01 itu masuk kategori rusak berat disapu puting beliung.

Pantauan sukabumiupdate.com, Sabtu, 26 Maret 2022, terlihat banyak material baru seperti bata, rangka kayu, serta atap yang terpasang hanya jendela dan pintu saja yang belum terpasang.

"Alhamdulillah beberapa hari setelah kejadian bantuan langsung datang, proses membangun juga dibantu oleh relawan dan warga sekitar sekarang tinggal nunggu jendela sama pintu," ujar Eti.

Hal senada diungkapkan Entat (49 tahun), warga RT 02. Rumahnya yang tertimpa pohon dukuh kini sudah diperbaiki. Material bangunan, kata Entat diperoleh dari BPBD.

"Paling tinggal plapon belum ada, sama kasur dua-duanya rusak karena kebasahan," kata Entat saat ditanya mengenai material yang belum rampung di rumahnya. 

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Nagrak Utara Basroh Ramdansyah menyatakan dari 96 rumah yang terdampak puting beliung 2 diantaranya rusak berat.

Menurut dia, untuk penanganan rumah rusak dilakukan saat itu juga oleh swadaya warga dengan memanfaatkan bantuan berupa sembako, uang serta material bangunan yang datang dari berbagai pihak.

"Donasi dikelola pemdes, perbaikannya dikerjakan secara gotong royong," ujar Basroh.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI