Sukabumi Update

Mahasiswa Teknik Elektro Nusa Putra Serah Terima PJU Teknologi Energi Terbarukan

SUKABUMIUPDATE.com - Himpunan mahasiswa elektro Nusa Putra bekerja sama dengan PLN menyelenggarakan sosialisasi bahaya arus pendek listrik kepada masyarakat Desa Cicantayan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 27 Maret 2022. Acara tersebut bersamaan dengan serah terima PJU solar panel ke pemerintah desa (pemdes).

Baca Juga :

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Sekretaris Desa Cicantayan Anshori mengungkapkan rasa terima kasih serta merespon positif pengabdian masyarakat mahasiswa Teknik Elektro 21 Universitas Nusa Putra. Sebab dengan PJU tersebut, jalan desa yang sebelumnya gelap kini menjadi terang.

"Meskipun 3 titik tetapi sangat membantu masyarakat yang melewati jalan tersebut, masyarakat juga sangat senang dengan adanya acara sosialisasi sehingga banyak ilmu dari PLN yang dapat diserap khususnya tentang arus  pendek. Saya berharap kedepannya anak-anak selalu  bersemangat dan juga terus melakukan hal-hal baik seperti ini sehingga berkah dan tercapai segala yang dicita-citakannya," ujar Anshori.

photoMahasiswa elektro Nusa Putra yang melaksanakan pengabdian mahasiswa di Desa Cicantayan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. - (Istimewa)</span

Ketua panitia pengabdian mahasiswa teknik elektro angkatan 21 Ridwan mengatakan acara sosialisasi serah terima PJU solar panel merupakan tahapan akhir dari acara pengabdian masyarakat di Desa Cicantayan.

"Pengabdian masyarakat biasa diselenggarakan setiap tahun untuk warga sekitar kampus, sehingga keilmuan  mahasiswa teknik elektro bermanfaat untuk warga sekitarnya," ujarnya

Pengabdian masyarakat di Desa Cicantayan dilaksanakan sekitar 3 bulan dimulai dari tahap pembentukan kepanitiaan, perancangan, persiapan dan pemasangan hingga sosialisasi juga pengesahan.  

"Kegiatan yang dilakukan di sela-sela kegiatan kampus ini tentunya sangat menguras konsentrasi namun sangat menambah pengalaman mahasiswa bersama masyarakat," jelasnya.

Untuk dana penyelenggaraan kegiatan didapat dari urunan mahasiswa teknik elektro angkatan 21. “Mudah-mudahan ke depannya akan ada sponsor seperti dari CSR perusahaan atau lainnya sehingga  bisa lebih banyak titik yang bisa dipasang penerangan jalannya dengan teknologi energi terbaharukan,” jelasnya.

Rizki dari divisi sosial himpunan mahasiswa elektro menyatakan, sosialisasi bahaya arus pendek menghadirkan Aditya Pratama selaku Health Safety Environment (HSE) PLN UP3 Sukabumi. 

"Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat membuat masyarakat lebih memahami tentang bahaya bahaya yang dapat terjadi akibat arus pendek sehingga tidak terjadi kecelakaan yang diakibatkan kelalaian dalam pemakaian listrik," jelasnya.

Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan mahasiswa teknik elektro angkatan 21 di Desa Cicantayan mendapat apresiasi dosen teknik elektro juga  kampus Universitas Nusa Putra.

Dengan pengabdian masyarakat ini mahasiswa teknik elektro yang merupakan agent of Change atau agen perubahan  bisa eksis dan bermanfaat di bidang ilmu yang digelutinya. 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI