Sukabumi Update

108 Tahun: Transformasi Ide Johannes de Wilde, Jejak Awal Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Tepat Jumat ini, 1 April 2022, Kota Sukabumi berusia 108 tahun. Ada banyak rentetan sejarah yang melatari berdirinya wilayah dengan tujuh kecamatan ini. Salah satu yang acap kali dibahas adalah penyebutan nama Kotamadya Sukabumi.

Mengutip unggahan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi di Instagram, pada 1815, nama "SOEKA-BOEMI" mulai dikenal. Ini setelah administratur perkebunan berkebangsaan Belanda, Andries Christoffel Johannes de Wilde, menuliskan nama itu dalam laporannya.

"Andries Christoffel Johannes de Wilde menuliskan nama tersebut dalam laporannya sebagai lokasi tinggalnya di Tji Colle. Kala itu, dia sedang mencari lokasi tanah yang cocok untuk perkebunan," tulis Dinas Komunikasi dan Informatika pada Kamis (31/3/2022).

Kemudian, pada 1914, pemerintah kolonial Belanda mengubah Onderafdeelling Soekaboemi menjadi Gemeente Soeka Boemi dengan status Burgerlijkbestuur. Ini setelah adanya tuntutan warga Belanda yang tinggal di Soeka Boemi agar kawasan ini dijadikan wilayah otonom.

photoWajah baru Alun-alun Kota Sukabumi. - (Istimewa)

Baca Juga :

Selanjutnya pada 1942-1945, pendudukan Jepang di Indonesia berdampak pada status Kota Sukabumi dari Gemeente Soekaboemi menjadi Soekaboemi Shi. Lalu pada 1950-1957 setelah Jepang kalah, Soekaboemi Shi berubah menjadi Kota Ketjil Soekaboemi.

Pada 1957, status Kota Ketjil Soekaboemi berubah menjadi Kota Praja, berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1957. Kemudian pada 1965, Kota Praja berubah menjadi Kotamadya Sukabumi, sesuai Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1965.

Baru pada 1999, perubahan status dari Kotamadya menjadi Kota Sukabumi terjadi setelah disahkannya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 dan berlaku hingga sekarang. Kota Sukabumi sendiri saat ini memiliki tujuh kecamatan: Cikole, Citamiang, Gunungpuyuh, Cibeureum, Baros, Warudoyong, dan Lembursitu.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Sukabumi merilis logo dan tema HUT ke-108. Logo dan tema ini dirilis akun media sosial Dokumentasi Pimpinan Kota Sukabumi, Rabu, 23 Maret 2022. Logo 108, dijelaskan sebagai simbol infrastruktur penting, mewakili tiga pilar city branding Kota Sukabumi.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI