Sukabumi Update

Bertemu Menhub, Wabup Bilang Warga Sukabumi Nantikan Double Track

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mendampingi kunjungan kerja Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meninjau sarana prasarana transportasi di Jawa Barat, khususnya Kabupaten Sukabumi di Stasiun Cicurug, Ahad (3/4/2022).

Menhub didampingi Wali Kota Bogor Bima Aria dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri meninjau sarana prasarana di Stasiun Cicurug terkait rencana pengembangan kawasan di sekitar stasiun-stasiun pada jalur ganda atau double track Paledang-Cicurug.

Menurut Menhub, kunjungannya tersebut adalah memastikan jalur konektivitas stasiun Sukabumi-Bogor. "Untuk ke sekian kalinya kehadiran saya untuk menginspeksi jalur Bogor ke Sukabumi karena diperintah pak presiden memastikan konektivitas jalan yang vital," kata dia.

Lanjut disampaikan menhub, untuk memperlancar arus lalu lintas, Kementerian Perhubungan merekayasa konstruksi dengan membuat jalur Bogor-Cicurug. 

photoUcapan selamat menjalankan ibadah shaum ramadan 1443 H dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi - (Diskominfosan Kabupaten Sukabumi)</span

"Bogor-Sukabumi adalah perjalanan penuh historis dan secara ekonomis melayani banyak masyarakat dan barang-barang. Sehingga, Kemenhub melakukan rekayasa konstruksi yang mengurangi ketinggian dan membuat jalur Bogor-Cicurug agar kapasitas kereta bertambah dari lima, enam, delapan, dan kecepatannya meningkat," ucapnya.

Menhub pun akan membuat stasiun menjadi lebih menarik yang bisa membuat nyaman masyarakat dan berjanji di minggu ini akan bisa beroperasi. "Kami akan membuat stasiun-stasiun ini menjadi lebih menarik dengan konten wisata hingga masyarakat lebih bisa menikmati stasiun dan meminta maaf karena selama 8 bulan kereta api tidak beroperasi. Kita pastikan akhir minggu ini bisa beroperasi dengan waktu yang lebih cepat dan kapasitas lebih banyak," ujarnya.

photoWakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mendampingi Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meninjau sarana prasarana transportasi di Stasiun Cicurug, Ahad (3/4/2022). - (Istimewa)

Baca Juga :

Sementara Wabup Sukabumi Iyos Somantri sangat mengapresiasi kunjungan Menteri perhubungan. "Saya atas nama Pemkab Sukabumi menyampaikan apresiasi terhadap bapak Menteri Perhubungan yang telah menginisiasi kegiatan ini," kata Iyos. "Masyarakat Sukabumi sangat menanti KA atau double track ini."

Menurut Iyos, masyarakat yang datang ke Kabupaten Sukabumi dengan menggunakan kereta api tidak hanya berkunjung, namun bisa meningkatkan destinasi pariwisata Kabupaten Sukabumi. "Kehadiran warga dari Bogor dan daerah lainnya tidak hanya jalan-jalan semata, namun bisa menikmati destinasi wisata, khususnya geopark," ucap Iyos.

Iyos pun berharap ke depan angkutan barang bisa menggunakan kereta api sehingga akan mengurangi tingkat kemacetan. "Double track akan mempermudah dan memperlancar arus lalu lintas. Kami berharap angkutan barang bisa memakai kereta api dan tidak menggunakan jalan protokol sehingga akan ada pengurangan jumlah angkutan di jalan dan otomatis tingkat kemacetan akan berkurang," ungkapnya.

SUMBER: MEDSOS PEMKAB SUKABUMI

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI