Sukabumi Update

Wabup Sukabumi Dorong DKM Berdayakan Ekonomi Umat agar Lepas dari Jerat Rentenir

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mewakili Bupati menjadi Keynote Speaker sekaligus membuka Seminar Peran Masjid dan Lembaga Keumatan dalam Mengurai Gurita Rentenir di Masyarakat, yang bertempat di Hotel Fresh Jln. Bhayangkara No 127, Kota Sukabumi, Minggu (17/4/2022).

Kegiatan yang digelar oleh Paguyuban Ibu Berdaya ini diikuti oleh Perwakilan Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Jami yang ada di Kabupaten Sukabumi dengan tujuan untuk memberdayakan ibu-ibu di sekitar mesjid dimana Pengurus DKM menjadi penggeraknya.

Sementara Wabup Iyos dalam arahannya menyampaikan, Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati adalah menciptakan Kabupaten Sukabumi yang religius maju dan inovatif menuju Masyarakat Sukabumi yang sejahtera lahir batin, dimana Masjid merupakan sarana untuk mencapai Visi Misi Rohaninya.

"Program yang digagas drh. Slamet tentang pemberdayaan ibu-ibu ini, sangat linier dengan Visi Misi jasmani nya yaitu untuk memajukan Sukabumi melalui pemberdayaan ekonomi umat," ungkapnya.

Baca Juga :

Lebih lanjut Iyos mengatakan, untuk mengurangi pinjaman rentenir yang menggurita di masyarakat, Pemerintah Kabupaten Sukabumi telah melaksanakan program pemberdayaan masyarakat melalui kredit tanpa bunga dari BPR dan nanti dari Baznas juga akan ada program serupa sehingga program dari drh. Slamet ini akan melengkapi program pemberdayaan umat.

Sehingga Wabup berharap dengan adanya seminar peran mesjid dan lembaga keumatan dalam mengurai gurita rentenir di masyarakat bisa dirasakan para jamaah dan bermanfaat mendorong ekonomi umat.

"Mewujudkan masyarakat religius salah satunya adalah pemberdayaan DKM untuk memakmurkan kegiatan mesjid, termasuk pemberdayaan bidang ekonomi sehingga masyarakat akan lepas dari rentenir. Relevan dengan konsep DKM yakni pemberdayaan ekonomi," kata Iyos.

"Dengan adanya program pemberdayaan ekonomi diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga lebih berdaya," sambungnya.

Hadir pada kesempatan tersebut anggota DPR RI drh. Slamet, Praktisi Pemberdayaan Deni Wahyudi serta Ketua BAZNAS Kabupaten Sukabumi.

SUMBER: DOKPIM KABUPATEN SUKABUMI

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI