Sukabumi Update

Gempa M 4,8 Tengah Malam Guncang Sukabumi, BMKG: Aktivitas Sesar di Dasar Laut

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo (M) 4,8 terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Hasil analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa tektonik yang terjadi pada Selasa (26/4/2022), pukul 00:01:06 WIB itu terletak pada koordinat 7.48 LS dan 106.68 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 56 km Tenggara Kabupaten Sukabumi pada kedalaman 25 kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto dalam laporannya menyebut, dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar yang terjadi di dasar laut di bagian dari Lempeng Eurasia.

Baca Juga :

Adapun dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Sukabumi, Cianjur Selatan dengan Skala Intensitas II - III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang-getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Kemudian gempa juga terasa di Garut dan Pangandaran dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Kemudian hingga pukul 00:30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

BMKG kemudian mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI