Sukabumi Update

Di Perbatasan Sukabumi-Bogor, Komunitas Ini Gaungkan Semangat Literasi

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan pemuda dari beragam komunitas di Sukabumi dan Bogor menggelar lapakan buku serta berbagi takjil di Alun-alun Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Kamis sore (28/4/2022). Dilangsungkan juga diskusi masalah literasi serta mencari solusi untuk mengatasinya.

Kegiatan bertajuk "Literasi Berbagi" ini digagas Forum Komunikasi Komunitas Literasi Sukabumi dan Bogor (FK2LSB). Forum ini diisi puluhan komunitas literasi dari Sukabumi dan Bogor yang bertujuan mewadahi para pegiat untuk saling berbagi ide terutama terkait pemecahan masalah literasi. 

"FK2LSB mewadahi pegiat literasi baru dan lama agar saling mengenal. Ada juga diskusi untuk sharing ide dan gagasan," kata Ridwan (24 tahun), Ketua Taman Baca Cicurug sekaligus perwakilan FK2LSB dari Sukabumi.

Baca Juga :

Selain menggelar lapakan dan berbagi takjil di perbatasan Sukabumi dan Bogor, kegiatan yang bertujuan semakin mengeratkan silutarahmi antarkomunitas literasi di area Bogor-Sukabumi ini mengadakan juga bincang santai antarkomunitas. Dari Bogor sendiri ada dua komunitas literasi yang hadir, yakni Teras Mimpi serta Barcil.

"Mewakili teman dari Bogor untuk mengikuti kegiatan yang sudah direncanakan, Bersinergi dengan komunitas di Sukabumi salah satunya Taman Baca Cicurug yang konsisten melaksanakan kegiatannya," ucao Jijis (30 tahun), penggagas Teras Mimpi.

Dalam bincang literasi tersebut para perwakilan komunitas membicarakan permasalahan serta faktor yang menghambat perkembangan literasi di Sukabumi dan Bogor. Harapannya, masyarakat maupun pegiat literasi bisa terpicu untuk terus menggelorakan semangat literasi di daerahnya masing-masing

"Semoga banyak yang termotivasi, meski ada (komunitas) yang udah vakum. Kami ingin membangkitkan semangat mereka dan menunjukkan bahwa pegiat literasi tetap ada dan akan terus berkembang," kata Ridwan kembali menambahkan.

REPORTER: CRP 4

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI