Sukabumi Update

Dipusatkan di Masjid Agung Sukabumi, Tidak Ada Salat Ied 1443 H di Lapang Merdeka

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi memastikan tidak menggelar salat Idul Fitri 1443 H atau tahun 2022 ini di Lapang Merdeka. Salat Ied akan dipusatkan di masjid-masjid warga di pemukiman termasuk Masjid Agung Kota Sukabumi.

Hal ini ditegaskan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada awal media Kamis, 28 April 2022 lalu. Walaupun tahun ini mudik sudah diperbolehkan, Fahmi menghimbau warga tetap menjaga kesehatan bersama.

Untuk tahun 2022 kali ini, lanjut Wali Kota pelaksanaan salat Ied terpusat di Masjid Agung Kota Sukabumi. Itupun hanya untuk warga terdekat, karena pemerintah kota menghimbau warga tidak lintas wilayah, cukup salat di masjid dekat rumah saja. 

Dengan demikian, tradisi salat Idul Fitri di Lapang Merdeka Kota Sukabumi yang sudah dua tahun terhenti karena pandemi, tahun ini tetap tak ada. “Lapang Merdeka (tempat salat Ied) nggak. Terpusat di Masjid Agung meskipun dalam berbagai kesempatan saya sampaikan bahwa pelaksanaan Idul Fitri harap dilaksanakan di lokasi terdekat dengan tempat tinggal masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga :

"Mari makmurkan masjid di sekitar pemukiman kita. Kita ramaikan masjid dan mushola. Karena takbir keliling juga masih dilarang tahun ini. Cukup takbiran di masjid dan mushola dekat rumah saja," sambung Fahmi.

Wali Kota menekankan warga tak perlu salat Idul Fitri tidak perlu lintas wilayah. “Karena tadi kaitan untuk menjaga mobilitas masyarakat supaya tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19,” jelasnya.

Status PPKM level 2 untuk Kota Sukabumi sesuai kebijakan pemerintah pusat, memiliki konsekuensi sejumlah pembatasan, walaupun pergerakan warga sudah tidak lagi dibatas. Seperti acara open house dan halal bihalal yang melibatkan jumlah massa besar.

Penerapan protokol kesehatan selama lebaran juga menjadi salah satu hal yang terus disampaikan oleh Wali Kota, Achmad Fahmi, dalam berbagai momen safari Ramadan yang dilaksanakan di tujuh kecamatan.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI