Sukabumi Update

Ayep Zaki Kontrol Lahan Budidaya Jagung dan Kedelai di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Pendiri Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) H. Ayep Zaki, S.E., M.M. melakukan kunjungan ke lahan budidaya kedelai serta jagung di Sukabumi yang dikelola PT Doa Bangsa Agrobisnis (DBA), sebuah perusahaan binaan FKDB.

Kunjungan Ayep Zaki itu dilakukan dalam rangka kontrol hasil budidaya jagung dan kedelai sekaligus sosialisasi program budidaya kedelai kepada kelompok tani. 

Baca Juga :

Dalam agenda tersebut, Ayep Zaki turun langsung ke lapangan untuk memeriksa perkembangan pembudidayaan jagung dan kedelai hasil kemitraan dengan kelompok tani dimana sistem kemitraannya yaitu PT DBA sebagai offtaker dari hasil panen komoditas tersebut.

Adapun kunjungan pertama yaitu ke lahan pertanian jagung seluas 1 Ha yang berlokasi di Kampung Panenjoan, Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi yang dikelola oleh mitra petani Yatman yang diwakili oleh Engkos dan Idik.

"Alhamdulillah hasilnya bagus, usia jagung 60 HST dan rencana panen jagung diusia ± 105 HST, jadi panen jagung dilakukan 45 hari setelah hari ini dengan perkiraan hasil panen sekitar 7 ton per hektar," terang Ayep.

Selanjutnya lokasi kedua yang didatangi yaitu lahan pertanian kedelai dengan luas lahan garapan ± 6.3 Ha yang tersebar di sekitar Desa Neglasari ,Kecamatan Cibadak, dengan total petani mitra 29 orang. 

Selain itu, dilakukan bincang bincang dengan petani kedelai di Kampung Bintang, Desa Neglasari yang dihadiri oleh Kelompok Tani Motekar dalam rangka sosialisasi  program Budidaya Kedelai mandiri.

"Kemitraan ini akan dilakukan selamanya selama petani nya mau karena PT. DBA akan selalu bersama petani,” ujar Ayep.

Dalam kesempatan tersebut beliau menyinggung pembiayaan usaha tani yang dibiayai KUR dimana Kemitraan ini merupakan stimulasi untuk ke depan nya petani bisa mandiri. Ayep meminta kepada lembaga keuangan termasuk perbankan untuk bisa membantu petani dalam persoalan budidaya.

"Alhamdulillah mereka sangat senang dan menyambut baik program ini,” kata Ayep.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI