Sukabumi Update

Kemacetan hingga Sampah, Catatan DPRD Soal Membludaknya Wisatawan di Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi memberikan sejumlah catatan terkait membludaknya pengunjung di beberapa objek wisata di Kabupaten Sukabumi saat libur Lebaran 2022. Pembenahan infrastruktur jalan dan kontribusi pendapatan asli daerah atau PAD menjadi yang disorot Badri.

Badri mengatakan Pemerintah Kabupaten Sukabumi mesti memikirkan langkah cepat dalam penanganan kemacetan yang disebabkan membludaknya kunjungan wisatawan tersebut. Sebab diketahui, antusias warga dalam mengisi libur Lebaran atau Idulfitri 1443 Hijriah, mengakibatkan kemacetan parah, khususnya, menuju Palabuhanratu.

"Akses jalan kita hanya satu. Tidak ada jalan alternatif yang bisa dilalui. Sehingga membludaknya wisatawan sangat memadati jalan sampai kendaraan tidak bisa bergerak," kata dia kepada sukabumiupdate.com, Ahad (8/5/2022).

photoPenampakan sampah yang menggunung di trotoar RTH Pantai Citepus Palabuhanratu Sukabumi. - (Sukabumiupdate.com/CRP 3)

Baca Juga :

Selain itu, Badri juga mengingatkan melonjaknya kunjungan wisatawan harus memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan PAD dan pengembangan objek wisata di Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, melonjaknya kunjungan wisatawan tersebut seiring sejalan dengan perputaran uang di tempat-tempat wisata di Kabupaten Sukabumi.

"Harus menjadi perhatian serius bagi pemda, sehingga uang itu bisa memberikan efek untuk PAD di Kabupaten Sukabumi dan pengembangan objek wisata yang selanjutnya," ucap Badri.

Sementara soal sampah di lokasi wisata, Badri mengusulkan pembentukan paguyuban yang bertugas menata dan memberikan pelayanan penanganan sampah. Paguyuban tersebut khususnya dibentuk di tempat-tempat yang memiliki rumah makan atau restoran yang dapat menghasilkan sampah.

"Ini penting demi kenyamanan dan keindahana kawasan wisata di Kabupaten Sukabumi," ucap dia.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI