Sukabumi Update

Pantau Pilkades, Bupati Sukabumi Minta Warga Dukung Kades Terpilih

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami melaksanakan monitoring pelaksanaan pemilihan kepala desa atau Pilkades serentak siklus II gelombang I tahun 2022 di Kabupaten Sukabumi, Ahad (8/5/2022).

Pelaksanaan monitoring tersebut, bupati didampingi Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sy Zainal Abidin, Dandim 0607 Sukabumi Letkol (inf) Dedy Ariyanto, dan sejumlah kepala perangkat daerah.

Pelaksanaan peninjauan yang dilakukan bupati, dimulai dari Desa Cibentang di Kecamatan Gunungguruh, Padaasih, Nagrak, Sukamanah, dan Sukaresmi di Kecamatan Cisaat. Peninjauan berlanjut ke Desa Cimangkok di Kecamatan Sukalarang.

Marwan mengatakan pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Sukabumi berjalan kondusif. Selain itu, partisipasi masyarakat dalam perhelatan tersebut relatif tinggi. 

"Sejauh ini berjalan lancar. Bahkan sejumlah desa yang kita pantau hingga pukul 10.00 WIB, partisipasi masyarakat dalam memilih sudah ada yang melebihi 80 persen," ujarnya.

Baca Juga :

Marwan berharap seluruh kegiatan Pilkades serentak ini bisa berjalan aman. Apalagi, pilkades serentak ini menjadi tolok ukur nasional. 

"Kita berharap, kegiatan ini berjalan aman. Maka dari itu, masyarakat pendukung setiap calon harus menghargai satu sama lain. Menang dan kalah di pesta demokrasi hal yang biasa. Jangan sampai, pesta demokrasi ini menimbulkan perpecahan di kemudian hari," ucapnya.

Marwan berpesan masyarakat harus mendukung siapa pun calon kepala desa yang menang nantinya. Apalagi, desa merupakan ujung tombak pemerintah di tingkat bawah. Sehingga, peran kepala desa sangat penting.

"Kepala desa yang menang, nantinya harus bisa membangun wilayahnya. Masyarakat pun harus ikut berpartisipasi dalam membangun desa. Siapa pun kepala desanya nanti," ungkapnya.

Kepala desa terpilih harus menggali potensi yang dimiliki di wilayahnya. Sehingga, potensi yang ada bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Program yang disampaikan ke masyarakat harus bisa direalisasikan dalam aksi nyata," bebernya.

Sekadar diketahui, pelaksanaan pilkades serentak kali ini diikuti 70 desa yang tersebar di 36 kecamatan se-Kabupaten Sukabumi.

SUMBER: MEDSOS PEMKAB SUKABUMI

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI