Sukabumi Update

Sosialisasi Pilkada, KPU Kota Sukabumi Menggelar Simulasi Pencoblosan

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menggelar simulasi pemungutan suara Pilgub Jabar dan Pilwalkot Sukabumi di Taman Cikondang Jalan Pramuka, Kelurahan Cikondang, Citamiang, Selasa (15/5/2018).

Ketua KPU Kota Sukabumi, Hamzah mengatakan, simulasi ini disamping untuk mensosialisasikan tanggal dan waktu hari pemungutan suara, juga kelengkapan atau administrasi pemilih dalam rangka bisa menggunakan hak pilih seperti e-KTP atau Surat Keterangan (Suket).

BACA JUGA:  KPU Kota Sukabumi Diingatkan Soal ASN di Acara Debat Kandidat

"Jadi dari dua pelaksanaan Pilgub Jabar dan Pilwakot Sukabumi ini kita bisa mengukur waktu dari jumlah pemilih yang ada di satu TPS itu kebutuhan waktunya berapa? mulai dari pendaftaran sampai dengan pulang celup tinta cair," ujarnya kepada sukabumiupdate.com

Hal tersebut dilakukan, kata Hamzah, agar nanti KPU memberikan fasilitas manakala terjadi kekurangan waktu karena pemungutan suara, sebab waktunya akan dibatasi sampai Pukul 12.00 WIB.

"Dari TPS ini kita ukur berapa waktu yang dibutuhkan, mulai dari datang sampai selesai memilih," ucapnya.

Selain itu, KPU juga mengundang para penyandang disabilitas dan menyediakan fasilitasnya seperti template untuk tunanetra dan juga alat kesediaan kursi roda untuk penyandang cacat tuna daksa.

"Jadi, nantinya setiap TPS difasilitasi untuk penyandang disabilitas," pungkasnya.

BACA JUGA:  KPU Kota Sukabumi Panggil Empat Paslon Pilwalkot, Ada apa Ya?

Sementara itu, Balqis (18 tahun) warga RW 07 Kelurahan Cikondang mengaku terbantu dengan adanya simulasi ini. Pasalnya baru pertama kali merasakan pemilihan suara.

"Baru tahu prosesnya seperti ini dan terbantu juga sehingga nanti tidak canggung lagi," singkatnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI