Sukabumi Update

Kata Sekretaris MUI Kota Sukabumi Soal Maraknya Deklarasi Dukungan Santri Terhadap Capres

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sukabumi, Muhamad Kusoy buka suara soal banyaknya kalangan santri yang mendeklarasikan dukungan terhadap calon presiden. Fenoma tersebut dianggap sebagai hal yang wajar.

"Banyaknya dukungan terhadap capres di Indonesia, temasuk dari santri, wajar saja dalam perhelatan Pilpres," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Senin (6/8/2018).

BACA JUGA: Ratusan Santri dari Sejumlah Pesantren di Sukabumi Deklarasi Jokowi Dua Periode

Dalam berdemokrasi, keberpihakan terhadap calon pemimpin adalah hal yang tidak bisa dilarang. Tak heran, banyak melakukan deklarasi dukungan baik terhadap Jokowi ataupun Prabowo.

"Masyrakat bebas berpendapat dan memilih selama dalam koridornya. Untuk keperluan  kampanye pasti segala cara dilakukan," ucapnya.

Di momen politik seperti saat ini, tambah Kusoy, tidak hanya santri ulama pun banyak yang terlibat dalam politik.  Para calon presiden pun  merapat ke ulama.

"Semua calon pasti mendekati ulama. Apalagi, sebagian besar penduduk Indonesia adalah muslim," paparnya.

BACA JUGA: Ratusan Relawan di Sukabumi Deklarasikan Dukungan Moeldoko Cawapres Jokowi

Di sisi lain, Kusoy mengajak masyarakat untuk berdemokrasi dengan baik. Senantiasa menjaga kondusifitas, dan tidak menjadikan soal beda pilihan sebagai alasan untuk bermusuhan.

"Jangan sampai banyak musuh, harus jadi banyak sodara," pungkasnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI