Sukabumi Update

Bawaslu Telusuri Unsur Pelanggaran Video Dukungan ke Jokowi di Surade Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi akan melakukan investigasi soal adanya video yang berisi para ibu penerima beras program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atau yang lebih dikenal dengan Jokowi.

BACA JUGA: Video Dukungan ke Jokowi Beredar di Medsos, Pemdes Sirnasari Surade Beri Penjelasan

Seperti diketahui, video berdurasi 31 detik tersebut tersebar di situs jejaring sosial Facebook dan grup WhatsApp. Di penghujung video, ada seorang pria menyerukan nomor urut salah satu pasangan capres dan cawapres, yang kemudian disambut para ibu. Belakangan diketahui, video tersebut diambil di Desa Sirnasari, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Teguh Hariyanto mengaku sudah berkomunikasi dengan Panwascam Surade dan menginstruksikan secara langsung ke lapangan untuk mencari tahu asal-muasal video tersebut. Perkara ini, kata Teguh, masih dalam tahap penyidikan tingkat Panwascam.

BACA JUGA: Pembuat Video Dukungan ke Jokowi di Surade Sukabumi Mengaku untuk Dokumentasi

"Terkait dugaan pelanggaran atau tidak, nanti menunggu hasil investigasi petugas di lapangan, dan untuk putusan nantinya harus berdasarkan kajian," kata Teguh kepada sukabumiupdate.com, Rabu (27/2/2019).

"Kalau sudah lengkap, terpenuhi syarat formil dan materilnya, nanti ada kajian di Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Dan sampai saat ini belum naik ke tahapan tersebut. Masih di tingkat Panwascam Surade," pungkas Teguh.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI