Sukabumi Update

Kapolda Minta Masyarakat Sukabumi Tak Euforia Berlebihan Terkait Hasil Perhitungan

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolda Jawa Barat, Irjen Agung Budi Maryoto, menghimbau kepada masyarakat khususnya di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi, agar tidak melakukan euforia atau reaksi berlebihan terkait hasil penghitungan suara yang masih dalam tahap proses penghitungan di tingkat PPK atau kecamatan.

"Masyarakat di Jawa Barat ini santun, agamis dan religius. Kita hormati instansi yang diberikan kewenangan oleh undang-undang yakni KPU untuk melaksanakan tugasnya sampai dengan prosesnya selesai," ujar Agung kepada awak media, saat meninjau pengamanan rekapitulasi penghitungan surat suara di gudang logistik PPK Kecamatan Warudoyong, GOR Surya Kencana, Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Minggu (21/4/2019).

BACA JUGA: Jelang Pencoblosan, Kapolda Jabar dan Pangdam III Siliwangi Patroli ke Palabuhanratu

Peninjauan yang dilakukan bersama Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Tri Soewandono ini merupakan salah satu tugas dan fungsi yang diamanatkan undang-undang kepada Polri dan TNI untuk memastikan pelaksanaan pemilu 2019 kali ini berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. Pantauan Agung, hingga saat ini di wilayah Jawa Barat, tidak ditemukan indikasi kekacauan, kerusuhan ataupun sesuatu yang menganggu proses rekapitulasi penghitungan surat suara di tingkatan PPK.

"Saya bersama dengan bapak Pangdam III/Siliwangi, keliling Kota dan Kabupaten Sukabumi, keliling ke daerah lainnya di Jawa Barat juga, meninjau dan memastikan aspek keamanan dari proses penghitungan suara ini. Kemudian, kita juga berkoordinasi dengan seluruh stakeholder penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu, untuk memastikan proses penghitungan rekapitulasi suara sesuai dengan SOP termasuk standar pengamanannya juga," tutur Agung.

BACA JUGA: Amankan Pencoblosan di Kota Sukabumi, Lihat Kekuatan Pasukan TNI Polri

Menurutnya, standar pengamanan kotak surat suara dapat dilihat dari pintu gembok harus dan wajib dipegang oleh petugas PPK, Panwascam dan kepolisian.

"Artinya, kita sudah betul-betul yakin bahwa proses rekapitulasi penghitungan surat suara dan pengamanan di sini sudah sesuai dengan standar," jelasnya.

Sebelumnya, Kapolda bersama Pangdam III Siliwangi, juga melakukan pemantauan kotak suara di gudang logistik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cicurug di GOR Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

"Semua wilayah menjadi prioritas pengaman dari Polri di bantu Kodam lll/Siliwangi untuk pengamanan," ujar Kapolda Jawa Barat, Irjen Agung Budi Maryoto di Cicurug.

Dalam peninjauan tersebut, sisi keamanan gudang logistik PPK Cicurug sudah sesuai dengan Standar Operational Prosedur (SOP), seperti pintu (gudang logistik) yang digembok harus tiga, satu di pegang oleh panwas, PPK dan kepolisian satu. 

BACA JUGA: KPU Kabupaten Sukabumi Minta Difasilitasi Gudang Logistik di Tingkat Kecamatan

"Jadi semua betul-betul sesuai standar operasional," tegas Agung.

Agung menegaskan, saat sidang pleno, yang masuk dalam ruang sidang pleno hanya yang di undang. "Kita serahkan kepada PPK dan Panwas, kami petugas mengamankan," ujarnya. 

Lebih lanjut Agung mengungkapkan, pelaksanaan Pemilu 2019 sejauh ini aman."Secara umum kondisi pileg dan pilpres aman," ujarnya.

 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI