Sukabumi Update

PKS Dominasi Perolehan Suara Pileg DPRD Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com  - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) punya peluang mendominasi perolehan suara untuk Pileg DPRD Kota Sukabumi. Berdasarkan pengolahan data DA.1 Kab/Kota dari seluruh kecamatan di Kota Sukabumi, PKS mendapat raihan suara terbanyak.

PKS berada di urutan pertama dengan raihan suara sebanyak 28,5 ribu (14,88 persen). PKS berpeluang dapat jatah lima kursi. Rinciannya, satu kursi di Dapil 1, serta masing-masing dua kursi di Dapil 2 dan 3.

BACA JUGA: Daftar Wakil Sukabumi Berpeluang Lolos ke Senayan: Demokrat Dapat Kursi, Ribka Tjiptaning Bertahan

Kemudian di urutan ke dua, ada Partai Gerindra dengan perolehan 27,7 suara (14,48 persen). Gerindra mendapat masing-masing dua kursi dari tiga daerah pemilihan.

Urutan ke tiga dan empat masing-masing ditempati Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Golkar. Dua partai ini mendapat suara lebih dari 25 ribu dengan persentase lebih dari 13 persen. Namun beda perolehan kursi, PDIP 4 kursi dan Golkar 6 kursi.

BACA JUGA: Tiga Partai Dapat 2 Kursi, Ini Nama Caleg Berpeluang Lolos dari Dapil 1 Kota Sukabumi

Selanjutnya di urutan ke lima, dan enam ditempati Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN). Demokrat mendapat 23,9 ribu suara (12,47 persen) serta 5 kursi, sementara PAN memperoleh 13,4 ribu suara (7,02 persen) serta raihan kursi sebanyak tiga.

Tiga partai lain yang berpeluang lolos ke DPRD Kota Sukabumi adalah PPP, NasDem, dan Hanura. PPP memperoleh 12,2 ribu suara (6,36 persen) dengan 2 kursi, NasDem 3 kursi dengan perolehan suara sekira 9,3 ribu (4,89 persen), dan terakhir Hanura yang hanya mendapat 1 kursi dengan perolehan suara sekira 8,6 ribu (4,50 persen).

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI