Sukabumi Update

Bawaslu Kabupaten Sukabumi Buka Rekrutmen Panwascam, Simak Tahapannya

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang Pilkada Serentak tahun 2020, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi membuka rekrutmen Panwascam atau Panwaslu Kecamatan.

BACA JUGA: Bawaslu Kabupaten Sukabumi Buka Rekrutmen Kader Pengawas Partisipatif, Tertarik?

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Nuryamah menjelaskan, tahapan sosialisasi rekrutmen Panwascam tersebut sudah dimulai sejak 6-12 November 2019. Sementara tahapan pendaftaran dibuka pada 13-26 November 2019.

"Kemudian dilanjutkan tahap pendaftaran dan penerimaan berkas, sekaligus juga penelitian kelengkapan berkas persyaratan administrasi pada 27 November sampai dengan 3 Desember 2019," kata Nuryamah.

BACA JUGA: Kunjungi Redaksi Sukabumiupdate.com, Bawaslu Kabupaten Sukabumi Bicara Pilkada

Sejurus kemudian, lanjut Nuryamah, Bawaslu bisa melakukan perpanjangan masa pendaftaran pada 5 Desember 2019. Penerimaan berkas pendaftaran di masa perpanjagan waktu dilaksanakan pada 6-10 Desember 2019, sekaligus dilakukan penelitian administrasi berkas pendaftaran di masa perpanjangan. 

"Setelah itu pada tanggal 12 Desember 2019 akan dilakukan pengumuman hasil penelitian berkas administrasi," lanjutnya.

BACA JUGA: Jawab Banggar Soal Anggaran Lebih untuk Pilkada Sukabumi, Bawaslu: Jangan Jadi Hoaks

Masih kata Nuryamah, dalam tahapan rekrutmen Panwascam untuk Pilkada 2020, tanggapan dan masukan masyarakat juga dibutuhkan. Proses akan dilaksanakan pada 12-15 Desember 2019.

"Calon petugas yang sudah mendapatkan tanggapan baik dari masyarakat, akan melakukan tes tertulis pda 13-17 Desember 2019," imbuhnya.

BACA JUGA: Anggaran Pilkada Sukabumi 2020 Menyusut, Bawaslu: Bimtek Dikurangi

Tak cukup dengan tes tulis, calon petugas pengawas pemilu itu juga harus melakukan tes wawancara yang akan dilaksanakan pada 13-17 Desember 2019. Adapun untuk hasil tes wawancara akan diumumkan pada 18 Desember 2019. Setelah dinyatakan lulus, Panwascam akan dilantik pada tanggal 20-21 Desember 2019.

"Bawaslu Kabupaten Sukabumi mengajak para putra-putri terbaik Kabupaten Sukabumi bergabung dan mendaftarkan diri, untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pilkada 2020. Tujuan kita agar tercipta pemilihan kepala daerah yang adil, berintegritas dan menemukan pemimpin yang diidamkan oleh rakyatnya,” tandas Nuryamah.

Informasi lebih lengkap seputar rekrutmen Panwascam berikut persyaratannya dapat diakses di laman resmi Bawaslu Kabupaten Sukabumi.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI